Belajar Sejarah R.M.P. Drs. Sosrokartono di Kompleks Pemakaman Sedomukti, Kudus

Kartini merupakan sosok wanita ideal di Indonesia. Kecantikannya tidak hanya terpancar dari wajahnya yang menawan namun juga melalui kepribadiannya serta cara ia bersikap dan berpikir. Sudah bukan rahasia lagi kecerdasan Kartini sangatlah hebat. Ia mampu menulis berbagai surat dan bahkan melahirkan sebuah tulisan terkenal yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Namun, bukanlah sosok Kartini yang akan saya bahas pada artikel ini. Melainkan sosok seseorang yang ternyata berperan penting bagi Kartini bahkan sebagai “motivator” bagi seorang Kartini hingga menjadi seorang wanita yang ideal yang kita kenal sampai sekarang ini. Sosok tersebut adalah R.M.P. Drs. Sosrokartono, kakak kandung Kartini.

2

Tanggal 3 Maret kemarin saya beruntung diajak teman kuliah berkunjung ke makam keluarganya di Kompleks Pemakaman Sedomukti, Kudus. Di kompleks pemakaman tersebut terdapat begitu banyak makam termasuk makam R.M.P. Drs. Sosrokartono. Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai Drs. Sosrokartono, saya akan meng-sharing-kan mengenai kompleks Makam Sedomukti ini.

1

8Saat memasuki kompleks tersebut, kita akan disambut oleh penjaga makam (saya lupa menanyakan nama Mbah tersebut). Kami diantar ke pelataran makam Kanjeng Kyai Adipati Ario Tjondronagoro III yang dulu adalah Bupati Kudus-Pati (1812-1837). Di pelataran tersebut, sang Mbah memanjatkan semacam doa dan ajian sebagai “izin” kami berkunjung ke tempat tersebut.

10Selain itu, menurut kepercayaan teman saya, saat ajian tersebut dilakukan, kita boleh meminta permohonan agar supaya Kanjeng Kyai Adipati menyampaikan doa tersebut kepada Tuhan. Setelah selesai berdoa, teman saya menaburkan kembang ke makam sang Kanjeng Kyai.

9

Kami pun melanjutkan perziarahan ke makam lainnya, yaitu R.M.P. Drs. Sosrokartono. Di makam ini tidak ada doa ataupun ajian karena menurut si Mbah, sudah disatukan dengan doa ajian di makam Kanjeng Kyai Adipati Ario sebelumnya. Jadi, teman saya hanya menaburkan bunga saja disitu.

Sang Mbah mulai menceritakan mengenai sosok R.M.P. Drs. Sosrokartono. Ternyata, R.M.P. Drs. Sosrokartono adalah mahasiswa pertama di Indonesia yang bisa menempuh pendidikan tingkat tinggi (setara kuliah lah). R.M.P. Drs. Sosrokartono sangat cerdas, bahkan saking cerdasnya, ia mampu menguasi 37 apa 34 bahasa gitu. Dan, saya dibuat tersanjung sama sang R.M.P. Drs. Sosrokartono. Si Bapak ternyata belajar psikologi dan nulis buku tentang psikologi juga loh. Aseeekkk…4

Keturunan Bangsawan (langsung dari Kerajaan Majapahit loh), cerdas, tampan, berprestasi tidak membuat R.M.P. Drs. Sosrokartono. Ia sangat terkenal karena kerendahan hatinya. Bahkan, satu hal yang membuat saya cukup tercengang, menurut Mbah, Kartini bisa terkenal dan setenar ini berkat kakaknya R.M.P. Drs. Sosrokartono. R.M.P. Drs. Sosrokartono lah yang mendorong Kartini untuk maju dan berkembang meskipun ia tahu, ia bisa lebih berkembang dari Kartini. Ia hanya ingin saudara-saudaranya lah yang lebih maju dari dia dan menjadi kebanggaan keluarga. Mantap ya! R.M.P. Drs. Sosrokartono. Saya pikir, ini adalah penerapan ilmu padi yang sebenarnya. Semakin berisi, maka kita pun kudu semakin merunduk. Betul?5

Selesai sedikit belajar mengenai sejarah R.M.P. Drs. Sosrokartono, kami melanjutkan perziarahan ke makam keluarga rekan saya. Ternyata, disitu juga ada makam para pejuang yang gugur dalam perang merebut kemerdekaan RI. Makam para pejuang tersebut dibedakan dengan makam yang lain. bagi mereka yang berjuang secara fisik saat perang akan ditambatkan bendera merah putih dan bambu runcing serta dituliskan pejuang kemerdekaan.

3

Sungguh pengalaman yang menyenangkan bisa belajar cultural heritage di Kompleks Pemakaman Sedomukti, Kudus ini. Terima kasih Kak Manik!

See u on medsos!

Facebook: Andhika Alexander Repi

Instagram: galerinya_kandy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s