Semarang Undercover: Misteri Nyi Renggo dari Kranggan Dalam

Pariwisata Semarang identik dengan berbagai wisata. Wisata kuliner yang bisa kamu cicipi di Kota Atlas ini, yaitu Nasi Ayam, Lumpia, atau Tahu Gimbal. Wisata sekaligus belajar budaya bisa kamu peroleh dengan mengunjungi Tugu Muda, Lawang Sewu, ataupun Klenteng Sam Po Kong. Bagaimana dengan wisata “anak gaul dan metropolitan?” Yuph, dua Mall besar di Semarang, Paragon dan CL (Aku sudah stay di Semarang selama dua tahun tapi gak tahu apa kepanjangan CL) siap menjadi tempat kamu dan teman-temanmu untuk hang out. Akan tetapi, ternyata, ada berbagai tempat yang bisa kamu kunjungi di Semarang selain tempat-tempat ataupun wisata kuliner yang sudah mainstream itu.

Dalam tulisan ini, aku akan membahas sedikit mengenai MISTERI NYI RENGGO.

Jeng jeng jeng.

Daerah Kranggan Dalam tampak biasa saja jika dilihat dari jalan raya Wahid Hasyim Semarang. Tetapi, jika menyusuri tempat ini kita bisa menemukan sebuah kolam yang konon di dalamnya terdapat makam Nyi Renggo.IMG_1080

Apa dan dimana kolam Nyi Renggo itu?

IMG_1079

Kolam Nyi Renggo merupakan kolam yang berlokasi di seputaran pemukiman warga area Kranggan Dalam. Lokasi kolam Nyi Renggo berada di tengah pemukiman warga. Kamu cukup menuju ke arah Kranggan Dalam, kemudian bertanya ke warga sekitar. Tempat ini sangat dikenal oleh warga sekitar mudah untuk ditemukan.

Siapa Nyi Renggo?

IMG_1078Tidak banyak catatan sejarah yang menjelaskan tentang sosok Nyi Renggo ini, bahkan sekaliber mesin pencari Om Google. Informasi yang mampu dijelaskan oleh warga sekitar pun sangat minim. Menurut mereka, Nyi Renggo merupakan penunggu sekaligus pelindung Kampung Kranggan Dalam. Para warga pun kerap melihat sosok Nyi Renggo yang berbalut kebaya sambil menunggang kereta kencana. Beberapa warga yang bermukim di dekat kolam tersebut kerap kali memberikan sesajen sambil memanjatkan doa.

IMG_1077

Konon, semua orang bisa melihat sosok Nyi Renggo ini. Caranya simple, kamu cukup berpuasa selama tiga hari, dan pada malam hari ketiga kamu duduk di area kolam Nyi Renggo sambil bersemedi dan berdoa menurut kepercayaanmu masing-masing. Seems scary, right, tapi kamu bisa ditemani oleh temanmu kok. Setelah ritual itu, Nyi Renggo akan menampakkan diri ke kamu.

IMG_1076Hmm, memang belum ada catatan sejarah yang valid tentang sosok Nyi Renggo ini. Sehingga, it seems nonsens to me dan mungkin buat kalian juga. Misteri tetaplah akan menjadi misteri kecuali ia terpecahkan. Nyi Renggo menjadi suatu legenda Semarang yang belum banyak diketahui oleh warga Semarang sekalipun. Legenda ini tetap hidup diantara maju dan berkembangnya Kota Semarang menjadi Kota Mandiri…Biarlah cerita tentang Nyi Renggo menjadi bagian dari Cultural Heritage yang kudu kita lestarikan.

Tetapi, tetap saja pertanyaan yang selalu berputar di benakku…Jadi, siapa sosok sebenarnya dari Nyi Renggo itu?

by: Andhika Alexander Repi (Instagram: galerinya_kandy; Facebook: Andhika Alexander Repi)

3 thoughts on “Semarang Undercover: Misteri Nyi Renggo dari Kranggan Dalam

  1. Pertanyaannya, bgmn situasi dgn warga sekitar soal misteri ini? Lalu apa kesan dr warga yg tinggal di dekat situ khususnya rumah warga yg bersebelahan langsung dg kolam tsb??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s