Pulau Sara’a, Keindahan Tersembunyi di Utara Sulawesi

Pulau Melonguane dari Udara - Koleksi Pribadi
Pulau Melonguane dari Udara – Koleksi Pribadi

 

Tahun 2012 lalu, saya diajak HRD salah satu ritel terbesar di Manado untuk mengadakan rekrutment karyawan di Melonguane.

Pulau di Kawasan Melonguane - Koleksi Pribadi
Pulau di Kawasan Melonguane – Koleksi Pribadi

Melonguane merupakan kawasan kepulauan di utara Sulawesi Utara. Secara kasat mata, Melonguane berdekatan dengan negara tetangga Filipina. Untuk mencapai kepulauan Melong (sebutan Melonguane), Anda dapat menggunakan moda transportasi laut seperti kapal ferry atau transportasi pesawat. Kalo boleh sharing, mending datang dengan menggunakan pesawat, dan pulang dengan menggunakan ferry. Jika menggunakan pesawat, Anda akan menggunakan pesawat jenis ATR dengan harga tiket berkisar 300-400 ribu rupiah sekali jalan. Sama halnya dengan pesawat, harga kapal ferry pun berkisar harga tersebut.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit, sampailah kami di Pulau utama, yang dinamakan Pulau Melonguane. Kami langsung menuju ke sekolah-sekolah tempat rekrutment karyawan. Skip skip skip

Proses sosialisasi dan rekrutment pun selesai! Time for holiday! Kebetulan ada seorang kenalan disana.

PULAU SARA’A

Pulau Sara'a dari Udara - Koleksi Pribadi
Pulau Sara’a dari Udara – Koleksi Pribadi

Ia mengajak kami untuk pergi ke Pulau Sara’a (bacanya: Sara). Pulau tersebut terletak beberapa kilo dari Pulau Melonguane. Kami pun harus menggunakan speedboat untuk mencapai pulau tersebut.

Di Perjalanan ke Pulau Sara'a - Koleksi Pribadi
Di Perjalanan ke Pulau Sara’a – Koleksi Pribadi

Kenapa Pulau Sara’a? Pulau Sara’a merupakan salah satu pulau tak berpenghuni dan masih sangat virgin. Sudah kebayangkan bagaimana indahnya pulau tersebut? jika belum, mari saya ceritakan…hihihi…

Pulau Sara'a
Pulau Sara’a

Kami langsung menuju ke dermaga utama dekat pasar Melonguane. Disitu, kami menyewa sebuah speedboat (kayaknya bukan speedboat juga deh karena bisa menampung beberapa orang) seharga 150 ribu (kalo tidak salah ingat ya. Mungkin, pasca kenaikan BBM, harganya juga bakal naik).

Perjalanan ke Pulau Sara’a ditempuh dengan waktu 45 menit. Sepanjang perjalanan, kami disuguhi oleh pemandangan alam laut yang begitu indah, sejuk, keren, dan gokil. Anda bisa melihat pulau-pulau yang masih jarang penghuninya, ditemani oleh pasir putihnya yang begitu indah. Pohon-pohon kelapa pun menambah indahnya pulau-pulau tersebut. Laut yang agak bergelombang pun menambah keindahan dan tantangan perjalanan kami. Keren!

Adrenalin yang sempat terpacu selama 45 menit perjalan pun perlahan menurun.

Sampailah kami di Pulau Sara’a!

Me at Pulau Sara'a
Me at Pulau Sara’a
Pulau Sara'a
Pulau Sara’a

Baru pertama kalinya saya menginjakkan kaki ke pulau tak berpenghuni dimana pasirnya sangat putih, air laut yang amat sangat bening (Suwiiirrr! Bening, bro!), dan udara yang begitu segaaaarrrr (udara loh ya, bukan cuacanya. Cuacanya, panas banget. Jangan lupa sunblock! Bukan sok metroseksual, tapi sunblock penting bagi kesehatan kulit, apalagi ditengah panas kayak gitu).

Pulau Sara'a
Pulau Sara’a

Anda bisa mengelilingi pulau tersebut selama kurang lebih dua hingga tiga jam, karena pulaunya kecil. Di sekitaran pulau tersebut, Anda bisa menikmati pepohonan-pepohonan hijau, termasuk nyiur melambai yang menjulang tinggi. Banyak juga fauna-fauna liar yang berkeliaran disini. Tetap waspada tapi, ya!

Jika Anda berkunjung kesini, sempatkanlah membawa pasir putih dan bebatuan dari Pulau Sara’a sebagai oleh-oleh. Tapi ingat! SECUKUPnya saja ya supaya keindahan Pulau Sara’a dan ekosistemnya tetap terjaga.

Saya begitu terpesona dengan keindahan pulau ini. keindahan Indonesia, kawan-kawan!

Me at Pulau Sara'a
Me at Pulau Sara’a

Tapi, jangan lupa untuk membawa air mineral yang banyak plus makanan karena disitu tidak ada penjual. Boro-boro penjual, manusianya aja gak sampe 10 orang disitu. TAPI INGAT!!! JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN! JANGAN JADI ORANG YANG GAK TAHU JAGA KEINDAHAN INDONESIA! Disitu masih sangat bersih dan indah. Kasian tahu jika kebiasaan buruk buang sampah sembarang di praktekkan disitu.

Pasir Pulau Sara'a
Pasir Pulau Sara’a

Kami pun menikmati keindahan pulau tersebut hingga matahari terbenam. Saat menjelang sunset, kami segera bertolak kembali ke Pulau Melonguane. So sweet banget nikmati sunset di atas speedboat dan sambil menikmati keindahan Indonesia…

Sunset at Pulau Sara'a
Sunset at Pulau Sara’a
Sunset at Pulau Sara'a
Sunset at Pulau Sara’a

Ahhh! Pengen kesana lagi…

Warmest regards,

Andhika Alexander Repi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s