PROUDNESS OF MY JOB – part 3

Proudness of My Job - Copyright PPT
Proudness of My Job – Copyright PPT

Proudness of My Job

(Part 3 – Proud To Be My Corporate)

 

Dalam usaha untuk membangun rasa bangga terhadap pekerjaan, kita perlu bangga dengan diri sendiri dan siapa rekan kerja kita. Selain itu, salah satu aspek yang paling penting dalam usaha membangun rasa bangga terhadap pekerjaan kita, adalah dengan bangga terhadap perusahaan atau badan yang menaungi pekerjaan kita tersebut. Kita harus bangga menjadi bagian dari perusahaan atau badan tersebut. Caranya?

PROUD TO BE MY CORPORATE

Proudness of My Job - Copyright PPT
Proudness of My Job – Copyright PPT

Vision and Mission

Kenali, dalami, dan refleksikan serta sesuaikan visi misi perusahaan dengan visi misi pribadi kita. Semua perusahaan pasti memiliki visi dan misi meski belum semua tertulis dan terdokumentasikan. Visi misi bagaikan kemudi kemana kapal perusahaan akan di bawa. Visi misi adalah batu pijakan pertama kenapa kita bekerja, bahkan, kenapa kita bekerja di perusahaan tersebut. Visi misi bagaikan panca indra bagi manusia. Ia adalah organ-organ penting yang menentukan perusahaan atau peekerjaan akan mengarah kemana.

Oleh sebab itu, keselarasan antara visi misi perusahaan dan visi misi pribadi sangat penting untuk membangun rasa bangga terhadap perusahaan atau pekerjaan yang kita lakukan. Integrasikan dan selaraskanlah hal tersebut!

Organizational Culture

Setiap organisasi memiliki budaya organisasi. Ada yang tertulis, dan ada yang tidak. Budaya organisasi menggambarkan setiap karyawan atau pekerja di dalamnya. Begitu juga pada perusahaan milik sendiri, dan diri kita sebagai “bos” disitu, tentu saja memiliki budaya organsiasi pula.

Dengan mengenal budaya organisasi, kita pun siap untuk makin masuk ke dalam organisasi tersebut. Ketika masuk lebih ke dalam suatu organisasi, rasa bangga terhadap organisasi itu pun bisa meningkat. Dengan demikian, kita pun bisa bangga dengan pekerjaan yang selama ini kita lakukan.

Product Knowledge

Kuasailah apa yang kita tawarkan dan hasilkan. Jangan sampai ketika konsumen bertanya apa yang dijual, kita tidak bisa menjawabnya. Pengetahuan produk bukan hanya mengenai produk yang kita hasilkan dan jual. Product knowledge juga menyangkut identitas kerja, maksudnya termasuk tugas dan tanggung jawab kita.

Mana yang menunjukkan kebanggaan lebih dari pekerjaan kita, jika seseorang bertanya begini:

“kamu bekerja di PT. X sebagai apa?”

“saya bekerja sebagai trainer.” Sudah. Dan ketika ditanya lebih lanjut, ia pun bingung mau menjawab apa…

Atau…

“saya bekerja di divisi bagian Education and Training di sebuah perusahaan ritel terbesar di Indonesia. Tugas saya sebagai trainer, yaitu membuat modul hingga melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pelatihan.”

 

Menjadi bangga dengan pekerjaan kita dapat membuat pekerjaan menjadi begitu menyenangkan dan membuat hidup lebih bahagia. Banggalah dengan pekerjaan kita! caranya sederhana, yaitu bangga terhadap diri sendiri, bangga terhadap orang lain, dan bangga terhadap institusi itu sendiri. Selamat berproses, teman-teman!

 

Warmest regards,

Andhika “Kandy” Alexander Repi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s