PROUDNESS OF MY JOB – part 1

Proudness of My Job - Copyright PPT
Proudness of My Job – Copyright PPT

Proudness of My Job

(Part 2 – Proud To Be With You)

 

Setelah kita mengenal dan bangga dengan diri sendiri, kita pun perlu bangga dengan kehadiran orang lain. Ketika kita bangga dengan mereka, kita pun mampu menunjukkan kebanggaan dengan pekerjaan kita. Orang lainlah yang berperan penting dalam pengembangan karir dan pekerjaan kita, karena tanpa mereka, kita hanya akan sendiri saja. Bahkan, se-level Steve Jobs pun perlu bekerja sama dengan beberapa temannya untuk mendirikan Apple, bukan?

Lalu, caranya gimana?

PROUD TO BE WITH YOU

Proudness of My Job - Copyright PPT
Proudness of My Job – Copyright PPT

Know Each Other

Di dalam pekerjaan, kita tidak hanya sendiri. Baik sebagai karyawan swasta maupun seorang pengusaha pribadi, pastilah kita akan seringkali bekerja bersama banyak orang. Tapi, apakah kita mengenal secara dalam mereka itu semua?

Mengenal bukan harus hingga ke hal-hal pribadi. Cukup dengan mengetahui nama panggilan dan tempat tinggalnya saja kita sudah sangat membangun kebanggaan kita terhadap orang lain. Jangan malu untuk berkenalan dengan orang lain apalagi dengan rekan sekantor atau satu tempat kerja. Masa selama bekerja, kita akan diam-diaman seperti orang yang sedang marahan atau ngambekan?

Dengan mengenal orang lain, dan orang lain mengenal kita, teman-teman bisa saling memotivasi satu sama lain. Dengan begitu, kebanggaan terhadap pekerjaan pun berangsur-angsur bisa ditumbuhkan.

Briefing Pagi

Waktu S1 dulu, saya diberi kesempatan untuk bertandang ke kantor pusat salah satu bank terbesar di Indonesia. Sebut saja, M. Di bank tersebut, kami diperlihatkan bagaimana para karyawan dari level atas hingga bawah memulai hari nya. Mereka berkumpul di suatu ruangan dan berbentuk lingkaran. Mereka berdoa terlebih dahulu, kemudian ada satu orang yang akan memimpin SOP pagi melalui yel-yel. Kemudian, si orang tersebut akan menceritakan suatu pengalaman yang mengandung unsur semangat kerja.

Briefing pagi sangat bermanfaat. Melalui aktivitas tersebut, para karyawan bisa saling berbagi pengalaman tentang permasalahan apa yang terjadi sebelumnya. Selain itu, bisa saling membagikan rencana kerja apa saja yang akan dilakukan pada hari tersebut. dan, yang paling penting, briefing pagi bisa menjadi wadah untuk saling menguatkan dan memotivasi satu sama lain.

Groufie

Fenomena selfie sudah menjadi trend di berbagai lini masa. Ada juga trend lama namun re-exist akhir-akhir ini. Groufie.

Groufie secara sederhana foto berkelompok. Kita bisa melakukan Groufie dengan rekan-rekan kerja lalu kemudian dipajang di kantor. Hal tersebut akan memacu rasa persaudaraan dan kekeluargaan di antara rekan kerja. Kita pun bisa bangga dengan rekan kerja kita.

Sangat sederhana, namun efeknya sangat besar bagi kita khususnya membangun kebanggan terhadap sesama dan pekerjaan kita sendiri.

Having Time Together

Selain Groufie, lakukanlah aktivitas diluar pekerjaan secara bersama-sama. Misalnya, makan siang bersama, atau janjian hang-out saat weekend. Kegiatan-kegiatan sederhana seperti itu akan berdampak sangat besar bagi kita dan bagi tim kerja.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s