JalanNya dalam Tugas Kuliah

Sebenarnya, aku bukan orang yang Holy. Maksudnya, orang yang kayak rohaniwan gitu loh. Misalnya, kalo ada apa-apa ditulis di status BBM, FB, or Tweets tentang tuhan-tuhan gitu. Tapi, aku merasa perlu sharing ke teman-teman tentang apa yang aku alami beberapa waktu ini…

Sekarang aku masuk di semester dua, Magister Profesi Psikologi. Salah satu mata kuliah yang aku ambil adalah Intervensi Sistem Organisasi dan Metode Penelitian Kuantitatif. Tugasnya adalah mencari suatu perusahaan atau organisasi dan disitu kita harus mengadakan intervensi atau perubahan.

Gubraaak!!!Aku memang tahu, suatu saat, tugas seperti ini bakalan datang. Secara, kita kan calon psikolog di bidang industri khususnya, yauda, berarti ujung-ujungnya harus cari organisasi dan atau perusahaan untuk kita tangani, deh. Lagian, semester depan ada mata kuliah Magang.

Pikiranku pun menjadi kacau, dan mulai muncul anxiety. Aku cemas banget karena gak tahu mau cari perusahaan apa dan dimana. Apalagi aku orang baru di Semarang. Makanya, aku langsung bertanya-tanya ke teman-teman di Semarang, baik teman kuliah maupun organisasi, apakah mereka punya link perusahaan untuk dijadikan tempat magang. Selain menunggu jawaban dari teman-teman, aku pun mencari-carai dan beraniin diri buat masukin beberapa proposal ke berbagai perusahaan dan institusi.

Ambisiku pun mulai muncul lagi. Aku bertekad untuk mendapatkan tempat untuk dijadikan subjek, sekaligus, tempat magang, plus bakal thesis…Ruwet ya…hehehe. Gak juga sih. Kalau memang ada tempatnya kan aku bisa menghemat waktu, tenaga, dan pikiran. Begitu pikirku.

Aku masukin ke sekitar empat perusahaan, antara lain sekolah, hingga rumah sakit. Aku bergerak cepat dan segera mengfollow-up apakah tempat tersebut boleh dijadikan subjek atau tidak. Ternyata, dewi fortuna memang belum berpihak kepadaku…Semua yang aku masukin gagal. Begitu juga dengan informasi dari rekan-rekan, hampir semuanya nihil.

***

Di samping kuliah, aku juga ikut organisasi serta mengadakan beberapa pelatihan di institusi-institusi. Nah, disinilah menurutku jalan-jalan Tuhan mulai Ia tunjukkin…

Aku diminta koko kosku mengadakan retreat (semacam kegiatan perenungan gitu) bagi kaum muda di Gerejanya dia. Setelah konsepnya digodok, aku diminta untuk bertemu dengan pembina kaum muda tersebut di Gerejanya.

Kemudian, aku pun bertemu dengan pembinanya itu. Aku mempresentasikan konsep retret kepada Bapak P (mari kita inisialkan saja, ya ^_^). Gak kerasa, kita terlibat dalam omongan yang sangat seru, terutama tentang bagaimana mengembangkan organisasi dan perusahaan.

“Hmm, kalo gitu, kamu tangani perusahaan milik sodara saya aja. Kebetulan mereka juga lagi nyari siapa yang bisa bantuin benerin sistemnya.”

“Wah! Kebetulan, Pak P. Aku juga sedang mencari tempat untuk magang. Nah, kira-kira apakah boleh perusahaan saudaranya Pak P, aku jadikan tempat magang?”

“Boleh banget! Nanti aku kasitahu ownernya ya”

Sontak, aku kaget banget…Aku sangat senang mendengar tawaran Pak P tersebut!

***

Mulai kamis nanti (3 April 2014), aku mulai magang di perusahaan tersebut. Tuhan benar-benar nunjukkin jalan-Nya buatku. Dari peristiwa ini, aku belajar tiga hal, kawan.

Pertama, apapun yang kamu minta, pasti akan dikabulkan Tuhan dengan caraNya sendiri. Kita tidak pernah tahu kapan, dimana, bagaimana atau melalui perantara siapa Ia akan menjawab doa kita. Tunggulah dan selalu berharap sambil berusaha, maka Ia akan menjawab doamu.

Kedua, aku belajar sabar. Di saat masa penantian tersebut, aku menjadi sangat amat cemas. Bahkan kecemasanku ini membuatku beberapa kali psikosomatis (merasa sakit fisik tetapi tidak sakit). Rencana Tuhan memang indah pada waktunya. Dengan demikian, kita harus benar-benar sabar dan selalu berdoa kepadaNya.

Ketiga, janganlah pernah lupa bersyukur…^_^

#Point of View

Leave a Reply

