“Loe Cina, Gw Jawa, atau Loe Jawa, Gw Cina, So What?”

“Woy, China! Kesini loe”

“He! Jawa, jaga ya omonganmu!”

Akhirnya, kedua manusia tersebut pun berantem…

***

            Waktu kecil, hmm, tepatnya pada waktu SMP, aku tidak pernah mengenal yang dinamakan hina-menghina menurut SARA (suku, agama, dan ras). Sampai pada akhirnya, aku bertolak ke tanah Jawa pada waktu SMA.

Sudah sekitar 8 tahun aku merantau di tanah yang dikenal sebagai “Tanah Pemberi Kehidupan”. Semakin kesini, aku semakin mengenal bahwa persoalan SARA tidak hanya seperti yang ada di TV. Ternyata, persoalan tersebut masih sangat kental dan “membudaya” bahkan hampir di seluruh daerah sampai sekarang ini.

            Cenderung, perbedaan yang paling kelihatan dan sering dipermasalahkan adalah permasalahan suku dan atau ras. Lebih spesifik lagi, aku berani frontal untuk mengatakan, bahwa ada jarak yang sangat lebar antara orang CINA dan orang JAWA. Jarak tersebut ditunjukkan lewat perkataan, perbuatan, pergaulan, dunia kerja, hingga ke jenjang pernikahan. Tampaknya, bagi beberapa pihak (tidak semua, tapi kebanyakan iya), orang CINA dan orang JAWA “tidak boleh menyatu”.

Image
google image

Aku sendiri tidak tahu akar permasalahan sehingga muncul stereotipe seperti itu. Tapi, yang aku tidak habis pikir, kenapa sih orang CINA harus berbeda dengan orang JAWA, atau orang JAWA berbeda dengan orang CINA??? Emang ada yang berbeda secara hakiki antara orang CINA dan JAWA atau antara orang JAWA dan CINA sebagai manusia? Mari kita lihat melalui pertanyaan-pertanyaan reflektif berikut…

 

Apakah orang CINA adalah manusia? Dan orang JAWA bukan manusia?

Apakah orang JAWA adalah manusia? Dan orang CINA bukan manusia?

 

Apakah orang JAWA punya HAM? Dan orang CINA tidak memiliki HAM?

Apakah orang CINA punya HAM? Dan orang JAWA tidak memiliki HAM?

 

Apakah orang CINA bernapas pake oksigen? Dan orang JAWA tidak pake oksigen?

Apakah orang JAWA bernapas pake oksigen? Dan orang CINA tidak pake oksigen?

 

Apakah orang JAWA ciptaan Tuhan? Dan orang CINA bukan ciptaan Tuhan?

Apakah orang CINA ciptaan Tuhan? Dan orang JAWA bukan ciptaan Tuhan?

 

Apakah orang CINA memiliki kasih? Dan orang JAWA tidak memiliki kasih?

Apakah orang JAWA memiliki kasih? Dan orang CINA tidak memiliki kasih?

 

Atau, mari lebih frontal ke hal yang lebih spesifik, yang selama ini menjadi “bahan penghinaan” antara kedua belah pihak tersebut…

 

Apakah semua orang CINA itu pelit? Dan tidak ada orang JAWA yang pelit?

 

Apakah semua orang JAWA itu malas? Dan tidak ada orang CINA yang malas?

 

Nah, pertanyaanku yang paling simple, setelah teman-teman membaca refleksi di atas dan merenungkannya secara sungguh, masih maukah kita membeda-bedakan antara CINA dengan JAWA atau JAWA dengan CINA?

Pasti, pada saat membaca beberapa pertanyaan di atas, bagi mereka yang defence-nya kuat (entah itu orang CINA ataupun JAWA) pasti akan menyanggah dengan berbagai alasan…”tapi kan mereka itu begini…” “tapi kan mereka itu begitu….” Sudahlah!!! Kebanyakan alasan dengan menggunakan kata “tapi” hanyalah ciri orang yang tidak mau toleransi dan membangun kerukunan. Dan jujur saja, bahaya banget jika masih ada orang-orang seperti ini ditengah usaha kita membangun toleransi antar SARA.

 

Katanya Bhineka Tunggal Ika, biar berbeda-beda tapi tetap satu jua. Tapi, kalo hanya masalah ras saja bangsa kita gampang dipecahbelah, gimana kita mau ciptakan kerukunan dan wujudkan Bhineka Tunggal Ika? Bullshit!!!

 

Sudahlah…Jawa, Cina, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia Timur itu sama saja. Kita sama-sama ciptaanNya, sama-sama bernapas, sama-sama memiliki kasih dan akal budi. Mengapa kita harus saling membedakan dan pada akhirnya menimbulkan konflik???

 

#JustAnOpinion

 

 

 

 

 

 

 

 

 

One thought on ““Loe Cina, Gw Jawa, atau Loe Jawa, Gw Cina, So What?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s