Natal, Sebuah Momen untuk Transisi

Natal adalah suatu hal yang sama saja dari tahun ke tahun, yakni peringatan kelahiran Nabi Isa yang bagi umat Kristiani disebut sebagai Kristus Yesus. Begitu pula dengan perayaan Natal di Kota Manado yang disemarakkan oleh berbagai ibadah, pesta kembang api, kue serta minuman khas natal, serta silahrutahmi antar anggota keluarga maupun tetangga. Saya berani memberikan jaminan, jika rekan rekan ingin menikmati suasana natal yang berbeda, datanglah ke Manado…hehehe.

Pada perayaan Natal tahun ini memberikan suatu harmoni baru bagi kehidupan saya. Pertama kalinya sejak 21 tahun saya hidup di dunia, saya tidak mengikuti Misa Malam Natal di Paroki Raja Damai Manado melainkan di Paroki baru, yaitu paroki Yesus Gembala Baik Paniki. Memang kesannya “kok lebay sih, toh tetap ikut misa mrskipun berbeda gereja”. Ya memang jika dipikir memang hal tersebut berlebihan, karena bagaimanapun saya tetap bisa mengikuti perayaan Ekaristi. Tapi inilah yang saya sebut sebagai transisi.

Transisi itu sendiri kita sepakati sebagai suatu perpindahan dari satu hal ke hal lainnya. Sepanjang perjalanan hidup saya, Paroki Raja Damai memberikan banyak sekali kenangan terutama dalam hal pengembangan diri saya. Dari kecil, saya sudah mengikuti berbagai kegiatan seperti taman minggu, hingga kegiatan misdinar atau disebut sebagai putra putri altar. Momen yang paling berkesan adalah menjadi bagian dari misdinar tersebut.

Misdinar merupakan pelayan imam pada saat perayaan Ekaristi. 12 tahun berlalu sudah saya terlibat aktif sebagai salah satu anggota misdinar Khususnya Paroki Raja Damai Manado meskipun sempat menjadi misdinar di Paroki St. ignasius sekitar setahun lamanya. Berbagai kenangan pun hadir dan tetap tinggal di dalam memori ini. Begitu juga sebagai suatu organisasi, ikut dalam kegiatan misdinar ini membawa pengaruh yang sangat besar bagi pertumbuhan saya dalam lingkup sosial. Semuanya itu memang kenangan indah bagi kami semua. Di artikel beriktunya, saya akan sharingkan tentang misdinar paroki Raja Damai Manado.

Kini angkatan misdinar kami telah mulai menjalani hidup sebanarnya dan mulai tersebar di berbagai daerah. Begitu pula dengan saya yang saat ini berdomisili di Surabaya, dan melanjutkan pelayanan sebagai misdinar di kampus. Memang sih setiap tahunnya pada saat kembali keManado, saya dan mama selalu ikut misa di Paroki Raja Damai, namun mulai tahun ini dan mungkin tahun tahun berikutnya, kami akan mengikuti misa sesuai dengan paroki kami yang baru karena kami sudah pindah rumah.

Momen perayaan misa natal yang selalu saya rindukan tiap tahun adalah saat kami, umat, menyanyikan lagu ‘Oh, Holy Night’ serta ‘The First Noel’. Lagu tersebut begitu merdu, indah, dan syahdu. Memang, saya masih bids mendengar lagu tersebut pada perayaan malam Natala tahun ini di paroki yang berbeda. Namun memang esensinya berbeda,

Hal ini kemudian menyadarkan saya bahwa hiduo terus berlanjut bukan? Kita tidak bisa hidup dalam keindahan ataupun keterpurukan di masa lampau. Biarkanlah itu menjadi kenangan indah dalam memori kita, selamanya. Begitu pula dengan hal sederhana seperti perayaan malam Natal tahun ini. Memang kesedihan dan kerinduan akan Natal seperti tahun tahun sebelumnya berputar putar dalam kepala saya, namun, saya tidak bisa hidup dalam kenangan itu.

Saya yakin kita semua pasti memiliki momen spesial dalam hidup masing masing. Kita ingin kembali ke momen itu, merasakan lebih dalam akan kenangan itu, dan tetap tidak ingin lepas daripadanya. Memang indah, memang menyenangkan, tapi, waktu terus berputar, dan waktu tidak akan menunggu kita terlena oleh masa lampau bersama kenangan indah di dalamnya…

Selamat malam Natal, khususnya bagi rekan rekan misdinar ku yang tercinta, kita sudah memulai hidup kita di tempat yang berbeda beda, namun, semangat pelayanan St. tarsisiuslah yang harus kita terus pelihara dalam pelayanan dan hidup kita sehari hari…GBU

Leave a Reply

