Sederhana, Tapi, Sadarkah kita?

Wahhh, memang benar ya, masalah tidak akan pernah lepas. Selalu ada aja apa yang dinamakan masalah. Indonesia juga begitu. Selalu ada saja yang menjadi masalah. Dari masalah ketidakadilan, penyelewengan, penggelapan, korupsi, tebang pilih, wiiihhh, dan masih banyak lagi permasalahan-permasalahan dari negara seribu pulau ini.

Tahun 2011 khususnya bulan juli ini kerap kali masih dengan masalah yang sama, yaitu, korupsi. Berbagai kasus korupsi mencuat kian kemari bagai angin yang bertiup silih berganti. Bahkan, korupsi menjadi beberapa headline news untuk beberapa media informasi selama berhari-hari.

Lalu, apa itu korupsi?

Siapa yang tidak mengenal korupsi? Ya, saya asumsikan, karena begitu banyak kasus mencuat di Indonesia hingga hampir semua orang mengenal kata tersebut. Baiklah, kita akan menyamakan persepsi disini dan menyepakati bahwa korupsi berasal dari kata Latin ‘corruptio’, yang berarti penyelewengan, pembusukkan, atau penggelapan. Dan ketika kita mendengar kata korupsi, langsung saja dikondsikan dengan korupsi uang dengan subjek…ya, anda tahu sendirilah…hehehe…

Sudah lama saya ingin menuliskan tentang korupsi namun, meskipun Indonesia sudah memiliki undang-undang dalam mengungkapkan pendapat, ehh, masih saja ada orang yang terkena masalah hukum karena mengungkapkan pendapat lewat media elektronik. Jadi, cari aman saja deh. Hmm, cari ama dengan tidak menuliskan korupsi membuat saya tergelitik sembari merefleksikan ternyata, tidak usah jauh-jauh menuliskan korupsi uang di Indonesia yang menurut asumsi saya tidak akan terselesaikan.

Hal ini membawa saya ke beberapa tahun lalu, tepat ketika duduk di bangku kelas 3 SD, ada pelajaran tentang korupsi. Memang, dibahas pula tentang korupsi dalam hal uang, tapi, ternyata korupsi tidak hanya itu. ada korupsi uang, korupsi waktu, dan korupsi tenaga. Seperti yang kita tahu bersama seperti apa korupsi uang, tapi, seperti apa korupsi waktu dan korupsi tenaga itu?

Korupsi waktu dan tenaga: sama saja negatif

Contoh yang paling simpel dari korupsi waktu adalah ketika kita bekerja dalam suatu perusahaan, seharusnya melakukan sesuai dateline tapi menunda-menunda pekerjaan tersebut dengan seribu satu alasan.  Ataupun dalam sekolah, ketika kita diberi PR, kita akan menunda-nunda ataupun mengambil waktu kegiatan lain, misalnya membantu ibu, untuk mengerjakan PR karena kita tidak mau membantu ibu.

Dari korupsi waktu juga bisa berimbas ke korupsi tenaga. Meneruskan contoh di atas, ketika diberi tugas untuk piket membersihkan kelas,  kita menunda pekerjaan tersebut dan menyuruh orang lain untuk mengerjakannya. Ataupun, ketika yang lain sedang membersihkan kelas, kita hanya berdiam diri saja. Ataupun kegiatan mencontek saat ulangan. Adalah contoh simpel dari kegiatan korupsi itu sendiri.

Dari beberapa contoh diatas, sama saja, yang dinamakan korupsi adalah negatif. Apabila kita mau reflektif ke dalam diri sendiri, seringkali, kita berkomentar, memberi kritikan terhadap berbagai kasus korupsi yang menyeruak di Indonesia, tapi kita lupa, apakah kita sudah bersih dari kegiatan korupsi itu meskipun secara sederhana? Memang sangat mudah ketika memberi masukan, atau bahkan kritik kepada orang lain, khususnya jika suatu kasus tersebut menyangkut hajat hidup banyak orang, dan kebanyakan orang kontra akan masalah itu. ambil saja kasus korupsi dimana banyak yang menghujat para pelaku korupsi tersebut. Memang dia salah, tapi kembali lagi, sudahkah kita bereflektif terhadap diri sendiri???…

Tapi, yasudahlah. Artikel ini hanya ingin memberi informasi, “ohh, korupsi itu bukan hanya masalah duit saja. Korupsi itu ada dimana saja, kapan saja, dan dapat dilakukan oleh siapa saja.”

So, enjoy ur life, enrich the knowledge and keep smiling…^^

Sukses buat KPK untuk pemberantasan korupsi uang di Indonesia, sukses untuk kita semua untuk berantas korupsi waktu dan tenaga dimulai dari diri sendiri…^^

Selamat Malam…

Enjoy the night…

GBU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s