Keindahan Dunia Dimulai dari Kesadaran

Kata-kata ini cukup sering menjadi bahan obrolan di tengah masyarakat kita. banyak definisi, pengertian, pemaknaan dan apapunlah untuk memberikan arti bagi kata Spiritualitas. Secara gamblang, ketika ditanya, “Spiritualitas itu apa sih???”…biasanya akan dijawab, “Oh, itu loh, yang berhubungan dengan tuhan-tuhan gitu. Yang melampuai kitalah. Kayak  semangat gitu…”hmm, iya, tidak salah juga ketika kita menjawab demikian karena memang pada dasarnya, manusia memiliki hak juga untuk memaknai suatu kata.

Tapi, “Apa Itu Spiritualitas sesungguhnya???”

Saya akan membahasnya lewat dua pengertian, yang pertama dari segi psikologi yang merupakan hasil diskusi dengan salah seorang dosen Psikologi Klinis dan rekan-rekan mahasiswa yang ada di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dan tergabung dalam komunitas Warung Plus-Plus.

Jadi, Apa itu Spiritualitas???

Spiritualitas adalah kesadaran akan diri kita, pemahaman tentang eksistensi atau keberadaan kita saat ini, sebagai manusia yang utuh beserta dengan hakikatnya dan mengalami penyadaran tersebut. Wah, sangat abstrak  ya. Tapi pada intinya, spiritualitas berhubungan dengan kesadaran kita secara penuh akan keadaan kita sekarang.

Contohnya, saya menyadari sedang menekan tuts-tuts yang ada di keyboard, sedang bernapas, sedang memakai jam tangan, dan atau sebagainya. Apapun keadaan kita, itu yang kita dasari. Termasuk baik fisik maupun pemahaman psikologis kita sendiri.

Ataupun contoh dalam perkuliahan. Ketika kita kuliah, saya asumsikan kita semua pernah yang mengalami menerawang kesana kemari. Dalam arti, memang badan kita sedang berada di dalam ruangan kelas, tapi pikiran tidak berada disitu. Itu bisa dikategorikan dengan rendahnya spiritualitas kita. “kok bisa?” seperti definisi yang telah kita sepakati di atas, spiritualitas berkaitan dengan kesadaran penuh tentang apa yang sedang berlangsung here and now.

Dalam diskusi lanjutan, kesadaran akan pentingnya spirtualitas dituntut untuk ditingkatkan. Hal ini disebabkan ketika kita terjebak dalam suatu rutinitas dan kebosanan siap hadir menghadang kita, stess tengah menunggu di hadapan kita semua. Dengan adanya kesadaran penuh, dimana dalam arti spiritualitas tinggi, kita mampu mellihat, “ahhh, betapa indahnya pekerjaan yang sedang kita kerjakan”, “wah, saya mengalami kegagalan dalam hal A karena B.”

Memang, itu adalah hal yang sepele, tapi ternyata membawa dampak yang besar bagi hidup kita. ketika kita mampu menyadari penuh tentang keindahan dunia ini ataupun kurangnya indahnya dunia ini, setidaknya kita mampu menyadarinya dengan sepenuh kesadaran dan
spiritualitas yang tinggi. Sehingga muncul pertanyaan, “Lalu, bagaimana cara untuk
meningkatkan spiritualitas???”

Meditasi adalah hal yang termudah untuk kita lakukan. Tapi, tidak hanya seperti yang kerap hadir di layar kaca, dimana orang duduk bersila sambil mengepal tangan dan atau sebagainya. Meditasi yang paling sederhana adalah latihan pernapasan dan mulai menyadari apa yang
ada di depan pandangan kita, apa yang ada di sekitar kita, warna hiijau daun, ataupun birunya langit, ataupun indahnya pakaian yang kita kenakan. Apapun itu, lakukan dari hal yang paling simple, dimana kita tetap secara penuh menyadari kita sedang berada disitu meskipun sedang mengerjakan rutinitas kita.

“Spiritualitas dan Rohani”

Selain spiritualitas dari pandangan psikologi khususnya dalam diskusi tersebut, hari ini saya menghadiri sebuah acara Persekutuan Doa di kantor. Disitu, saya pun mengalami apa yang seringkali kita kenal dengan spiritualitas yang berhubungan dengan sang khalik.

Seakan atmosfir yang tidak saya kenali ada di dalam ibadah tersebut. Untuk spitualitas yang ini saya tidak begitu yakin dengan definisinya secara teoritis, tapi dengan menggunakan kesadaran penuh, saya menyadari, inilah spiritualitas juga. Keterkaitan dengan Sang Khalik adalah salah satu jalan menuju spirtualitas yang tinggi yang akan menghadirkan kesadaran penuh bagi kita.

Dengan adanya spiritualitas yang tinggi, semoga kita makin mengenal keindahan dunia dimulai dari keindahan diri kita sendiri, apapun itu, dan menuju ke luar melihat jendela dunia itu sendiri.

Selamat Malam

Selamat Beristirahat…

GBUS

2 thoughts on “Keindahan Dunia Dimulai dari Kesadaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s