Miss u…

Di satu kesempatan, tiba-tiba saya teringat akan guru-guru saya. Hmm…

Yaaa, saya pun seakan mendapat insight, “aku sekarang, ada disini bisa melakukan segala sesuatu hingga saat ini karena ternyata peran guru. Tanpa mereka aku gak akan mungkin bisa sampai sekarang ini, bisa membaca, menulis, berhitung, berbicara di depan kelas, atau berbagai hal lainnya.”

Sekarang, apa ya kabar mereka semua? Apakah mereka baik-baik saja? Dimanakah mereka sekarang? Masih mengajarkah mereka? Begitu banyak pertanyaan yang muncul di kepala saya seakan ingin pergi ke masa-masa sekolah dahulu, dan melihat ketika mereka mengajar kami, memarahi kami, memuji kami, atau pun menghibur kami…ya, apapunlah suasananya. Tapi, sangat saya sadari masa-masa itu hanya akan tersimpan di memori untuk selamanya, dan akan sangat spesial ketika setidaknya, nama mereka masih teringat, dan lewat tulisan ini, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih dan rasa syukur kepada Tuhan karena berkatNyalah, saya dipertemukan dengan orang-orang yang hebat dan sangat merubah hidup saya dari TK hingga SMA.

Untuk guru-guru TK Katolik Don Bosco Manado terima kasih karena telah mengajarkanku bagaimana memulai hidup ini, cara makan, cara minum, cara bermain dan bergaul…^^,

untuk para guru TK, aku minta maaf karena sudah tidak bisa mengingat lagi nama Ibu-Ibu guru semuanya T_T

Untuk guru-guru SD RK Don Bosco Manado yang sudah mengajarkan kepada saya banyak hal dari mulai berhitung dasar, membaca, menyelesaikan soal-soal kehidupan, dan berbagai hal lainnya, khususnya

  1. Kelas 1 dan 6, Bu Helda 
  2. Kelas 2, Bu Lusi
  3. Kelas 3, alm. Bu Dei
  4. Kelas 4, maaf bu, saya lupa nama ibu T_T
  5. Kelas 5, Pak Boy
  6. Pak Pinontoan guru seni, pak Didi guru science¸ pak Yani guru olahraga
  7. Frater Matius yang telah mengenalkan aku di dunia penulisan

Untuk guru-guru SMP Katolik Pax Christi Manado karena sudah banyak sekali memberi kesempatan kepada saya untuk mengembangkan talenta, bakat dan minat saya dan sangat berguna di kehidupan sekarang serta telah mengajarkan arti penting menjaga hubungan baik dengan Tuhan dan sesama, khususnya

  1. Kelas 1, Sr. Cecilia Ningsih
  2. Kelas 2, Bu Tandaju
  3. Kelas 3, Bu Lenny Rawung-Tania
  4. Pak Sipri dan alm. Bu Polakitan guru olahraga
  5. Pak Paendong, Sr. Marga guru BI
  6. Ma’m Corrie, Ma’m Trully English
  7. Pak Wurangian guru matematika
  8. Pak Herry guru agama
  9. Bu Treis dan bu Beatrix guru Fisika, Bu Meidy guru Biologi
  10. Bu Sherly guru geografi dan ekonomi

Untuk guru-guru Saint John’s Catholic School Tangerang yang amat sangat tidak dapat kulupakan yang telah memberiku banyak arti tentang hidup dan memantapkan langkah saya menuju dunia perkuliahan sekarang ini, khususnya

  1. Miss Endah and Miss Margareth, Indonesian
  2. Miss Dani and Miss Martuti, math
  3. Sir Bowo, IT
  4. Sir Sunarto, PE
  5. Sir Frederick, math
  6. Sir Ferry, geography – economic
  7. Si Hariyadi, religion – history
  8. SirElman and Sir Pras, Physics
  9. Sir Dapotan, Miss Jo, Miss Lauren, Biology
  10. Sir Julius and Sir Alex, English
  11. Miss Poppy, chemistry and li’l bit physics
  12. Sir Sunarto, art
  13. Miss Sylvi, Mandarin
  14. Sir Mario, Counceling
  15. Kak Bayu, Basket coach

Dan, tentu saja, selain di sekolah formal, ada juga guru-guruku tersayang yang sudah mengajarkan buanyak hal kepada saya, yaitu,

  1. Bu Lusia Wangania, math dari SD – SMP
  2. Bu Wati, BI dari SD – SMP
  3. Ma’m Bahasa Inggris
  4. Bang Mars, fisika
  5. Bang Jonathan Saragih, english
  6. Kak Santi Math SMA
  7. Kak Aini, kimia SMA
  8. Kak Sondang, bio SMA

Yaaa,,,setidaknya, itu semua orang-orang yang telah masuk ke kehidupan saya dan teman-teman lain yang diajari oleh mereka, yang saya percaya, seperti kata Freud, kekuatan alam bawah sadar kita adalah kekuatan yang sangat besar yang tidak akan mampu menghilangkan segala macam memori kecuali karena ada suatu masalah tertentu.

Terima kasih para guruku, doa syukur dan mohon berkat Tuhan selalu bagi para guruku yang hanya mampu saya berikan untuk kesempatan ini. Semoga di suatu saat nanti entah dimana, kita bisa saling bertemu kembali dan berbagi berbagai macam pengalaman…

Miss u my lovely teachers!

GBU

Leave a Reply

