Suatu Refleksi dari Yunani Kuno

Wah…Wah…

Sambil menunggu kuliah Psikologi Komunitas, mendingan online dulu deh. Sekaligu
memanfaatkan fasilitas sebaik-baiknya yang ada di kampus…W-fi. Eheh, pada saat sedang online, kok tiba-tiba muncul insight…hehehe…tapi, agak filsafati or apalah istilahnya…

Tapi, artikel kali ini tidak tentang w-fi…hmmm…I wanna talk about film collossal or kolosal…or gimana ya penulisan yang benar…hmmm…

Troy

Ya, sedikit cerita dan referensi mungkin. Film Troy adalah film lawas yang diperankan oleh Brad Pitt yang menceritakan tentang kegagahan pasukan Troy menghadang kehebatan pasukan gabungan Yunani saat Agamemnon (Raja Yunani pusat waktu itu) ingin melakukan invasi ke Troy. Yap, ini memang hanya mitos atau sekedar legenda. Tapi, meskipun legenda, ada beberapa kalimat yang sangat membuat saya terkesan bahkan terinspirasi untuk menulis artikel ini.

 “Yang akan dikenal dan dikenal sejarah adalah Raja bukan prajurit yang memenangkan pertempuran itu.”

Hal ini dikatakan Agamemnon kepada Achilles, seorang prajurit terhebat se-Yunani ketika Achilles mampu merebut pantai Troy dengan sangat cepat. Namun, Agamemnon mengatakan demikian kepada Achilles dengan maksud, dunia dan sejarah akan mengenang Agamemnon karena ia Raja, bukan Achilles karena ia prajurit meskipun senyatanya mereka menang karena kehebatan Achilles serta prajurit-prajurit lainnya.

Hehehe…pasti kita akan berpikir, “wiiihhh, gak adil donk. Gw juga mau dikenal, gw yang menangin gitu masa orang laen yang dikenang?”

Yap, dunia emang gak adil, dan itu memang benar. Tidak usah menilik sejarah dengan keagungan masa-masa kerajaan dengan raja-raja yang dikenang bukan prajuritnya.  Kita pun di dalam kerja, study, atau tindak tanduk kita seringkali seperti itu. apa yang
kita lakukan yang menikmati atau lebih diberi penghargaan adalah orang lain.

Contoh, ketika suatu pertandingan sepak bola, dan ada yang memenangkan pertandingan, mungkin saja yang hanya dikenal lebih adalah sang pencetak gol bukan orang-orang yang ada di belakang pencetak gol itu yang memberikan umpan kepada sang pencetak dan akhirnya ia mampu merobek gawang lawan.

Ataupun, dalam perkuliahan dan satu kelompok, memang dikerjakan bersama-sama bahkan ada yang anggota yang menonjol, tapi yang akan lebih diutamakan, pasti akan bertanya, “siapa sih ketua kelompoknya? Pasti bagus banget kepemimpinannya sehingga kelompoknya menjadi kelompok terbaik!”

Ataupun dalam perusahaan produksi, dan ketika produknya terkenal, paling tidak banyak orang akan bertanya, “Loh, keren banget produknya! Emang siapa sih direkturnya?” or “siapa sih yang punya tuh perusahaan?” dan jarang sekali kita akan mendengar, “tim kreatifnya siapa sih?”

Nah, muncul pertanyaan, bagaimana bila muncul kegagalan…yaaa, sama, orang yang utamalah cenderung memiliki peran dominan atau yang bertanggung jawab.

Tampaknya dunia seperti itu yaaa…tapi, dari berbagai pengalaman disini sebagai manifestasi dari berbagai refleksi di atas, saya menemukan satu kata kunci yang kira-kira pas ketika muncul di dalam pikiran kita,

“World is not fair! They cheated” or whatever tanggapan dunia itu kepada kita…

Yes! Bersyukur!

Ketika menyebut kata itu, ya tentu saja, banyak orang akan menyanggah…

“Wihhh. Normatif banget! Emang bisa segampang itu bersyukur? Emang bisa kamu menerima hal itu dan ujung-ujungnya bersyukur? Emang bisa Emang bisa….”

dan berbagai tanggapan lainnya yang terkesan negatif meskipun kita tidak bisa menggeneralisirnya.

Yes! Bersyukur!

Sekecil apapun itu, setidaknya terucap dalam hati, “God. Thanks!” memang susah. Dan amat sangat susah apalagi ketika kita mengalami kemalangan secara umum pasti kita akan sedih, marah, kesal bahkan menyalahkan Beliau. Hehehe…penulis juga demikian, tapi, ketika melatih diri untuk berkata “God. Thanks!” seakan ada kekuatan spiritual yang hadir dan yaaa.

Menguatkanlah…^^

Just try it, fellas!

World is not fair, but we can deal with ourself how to accept it base on praise to God!

Selamat Pagi

Selamat Beraktivitas

Salam Brillian!

GBU

2 thoughts on “Suatu Refleksi dari Yunani Kuno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s