Cycle of Spirit – Bagian 3

Internalization

            Dilanjutkan pada proses internatilization dimana kesannya adalah untuk memasukkan visi dan misi yang telah disusun dan dijustifikasikan ke semua elemen dan pihak-pihak yang terkait dengan organisasi tersebut. Tapi ternyata, proses internalisai ini sendiri tidak hanya berlaku secara top-down saja tapi juga, di bagian top adalah bagian yang pertama kali harus di internalisasi secara optimal. Lalu setelahnya ke bagian bawah hingga merata kesemua pihak-pihak terkait.

Tujuan dari pengadaan proses ini agar supaya untuk mencapai tujuan bersama tadi, para pihak terkait, baik pihak atas hingga pihak bawah, sama-sama mengenal, meresapi, dan melakukan dalam tindakan konkrit visi dan misi yang ada tersebut.

Lalu, bagaimana kita mengetahui visi dan misi serta pelaksanaanya itu optimal atau tidak? Lalu, seperti apakah dikatakn optimal dan seperti apakah dikatakan tidak optimal?

Evaluasi

Evaluasi adalah hal yang sangat amat penting di dalam suatu organisasi ataupun industri. Di dalam evaluasi ini terdapat berbagai hal seperti melakukan penilaian terhadap apa yang telah dicapai, melihat apa saja yang masih kurang, hingga proses refleksi guna perbaikan untuk ke depannya. Di dalam evaluasi ini pula dapat menjawab dua pertanyaan di atas mengenai optimalisasi.

Disini, konkritnya adalah dengan mengadakan pertemuan khusus guna membahas tentang evaluasi terhadap visi dan misi, baik dari segi konten, pemaknaanya, dan pelaksanaan konkritnya. Disini, berbagai hal pun dapat terjadi sekalipun hal yang sangat berdampak seperti, apabila terjadi suatu hal, bukan tidak mungkin akan diadakannya pengrevisian visi dan misi ataupun pengrevisian definisi operasional di dalamnya.

Re…

Lalu, setelah proses evaluasi itu selesai, akan dibuat berbagai macam perumusan yang baru atau pun berbagai hasil dari evaluasi tersebut dan akan diterapkan untuk proses selanjutnya di dalam organisasi atau industri itu sendiri.

Sehingga, dari beberap tahapan di atas, akan membentuk suatu siklus yang se-idealnya tidak putus. Disinilah mengapa disebut cycle of spirit, karena siklus disini sangat berguna untuk menentukan semangat, guna menentukan tujuan dan cara untuk mencapai tujuan tersebut, dan dalam hal ini adalah visi dan misi itu sendiri…..

Selamat Malam Nusantara!!!

Salam Brillian

GBU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s