Ingin Berhenti Sejenak…

“Pengen deh kembali kayak dulu. Menonton film kartun, ataupun bercanda dengan action figure mainanku…hmmm”

Kesannya sih sangar, dan emang sangar. Hmm, pertama kali aku liat dia naik angkot, “ihhh, serem. Uda badannya gede lagi, diliati lagi…hiii…” ehh, belum abis ada tuh orang, ada dua orang naik lagi di angkot warna orange berkode V jurusan Tunjungan Plaza, namun aku hanya ingin turun di Jalan Raya Darmo.

Kejadian ini terjadi saat aku barusan pulang dari ngajar, dan seperti biasa, rute sehari-hari, dari Jemursari turun di  stasiun Joyoboyo atau depan BonBin untuk nunggu angkot…hmmm, lanjut, setelah dua orang tadi naik,

“Busyettt. Tadi uda kayak gajah berbentuk badak tuh orang, sekarang uda kayak apaan, dengan kumis yang tebal banget, trus janggut yang tebel juga, plus, cambangnya juga serem.”

Tuh kesan pertama yang aku lihat pada orang yang hampir duduk berhadapan denganku diangkot itur duduk berhadapan denganku diangkot itu. Gimana dengan orang kedua?Orang kedua adalah seorang wanita yang sedang menenteng atau apa ya istilahnya yang lebih tepat…hmmm, mengendong seorang bayi kecil dengan berbalut jaket merah muda (tapi sayang aku gak bisa liat wajahnya…huhuhu…)

Angkotpun menyusuri jalan raya, dan ternyata, kedua orang tadi yang aku anggap “serem” itu memperhatikan bayi mungil itu sambil tersenyum meskipun tidak terlalu menunjukkan senyum manis itu. Memang, dosen saya pernah bilang, “Usahakan jangan pernah berasumsi tanpa ada bukti yang jelas.” Tapi kali ini aku bebas untuk ber-asumsi ya pak. Hmmm, kelucuan dan kepolosan serta apalah dari bayi itu bisa membuat semua orang terpanah, se”serem” apapun dia dilihat dari kacamata luarnya…

Dan memang, kita harus akui, siapa sih yang tidak merasa senang ketika melihat bayi kecil yang masih terbungkus kain atau pakaian apapun dan berlaga seperti bayi pada umumnya, mengisap jarinya sambil matanya tertutup-tutup rapat. Dan memang lagi, bayi adalah suatu anugerah yang teramat sangat berharga. Aku jadi berpikir, “kok ada ya yang tega melakukan tindakan kejahatan terhadap bayi mungil?” tapi, sudahlah. Saya tidak akan membahas itu disini…^^

Lalu, tidak hanya itu, flashback mundur…Aku teringat, “Oh ya, aku sekarang terlibat juga dengan dunia anak-anak. Khususnya di bidang pendidikan mereka.” Disini, aku juga tidak akan membahas tentang apa job-desk dan tanggung jawab aku kepada mereka, tapi aku ingin menceritakan tentang kelucuan, kepolosan, dan kegembiraan mereka saat kita masuk dalam proses pembelajaran…

Riko, Alan, Ivan, Nico dan Alex, mereka semua adalah adik-adikku yang amat sangat lucu. Aku harus akui kadang saat mengajar mereka, aku kurang bisa meng-handle apalagi telah terjadi dengan yang aku isitilahkan “keributan massal!” grrrr…mereka berteriak, mengobrol, bahkan ada yang bermain-main dan tidak belajar. Wah, kalau sudah begitu, langkah tegas harus saya ambil. Ehh, celotehan pedas datang dari mereka, “Ahhh, Ko Permen serem.” Atau “Duh, “Ko Permen jahat.”

Kok Ko Permen? Yaa nama panggilanku, tapi sudahlah entar aku bisa terbang,…hahaha, intermeso*

Tapi, celotehan polos mereka tidak membuat aku menjadi panas atau apa tapi malah, aku merasa lucu dan sangat berterima kasih kepada yang di atas yang telah memberiku kesempatan untuk terlibat di dalam hidup mereka, paling tidak untuk beberapa bulan awal ini. Tentu saja ini tanggung jawab yang berat karena menyangkut masa depan mereka baik sebagai manusia berintelektual dan berakhlak juga. Tapi, terlepas dari itu semua, mereka adalah anak-anak kecil yang lucu, yang lepas, yang bebas, dan tidak terpikirkan bagi mereka masalah yang lebih besar atau berbagai masalah politik terlepas dari politik pemerintahan seperti selama ini kita pikirkan, tapi, itulah mereka, dunia anak-anak. Apalagi adik-adikku yang lain, Angel, Ivana, dan Alicia. Mereka pun demikian. Apabila mereka semua lagi kesal atau marah, pasti ditumpahkan di kelas. “duuuhhh,,hari ini sih X rese deh. Duh aku sebel…sebel…sebel.” atau, “Ya ampunnn…tugasnya kok banyak banget sih???duhhh, pusing-pusing-pusing.” Dan tentu saja dengan suara ciri khas mereka sebagai, yaaa, anak-anak…hmmm.

Dunia anak-anak tentu saja telah kita lewati bersama, dan kini kita entah siapapun yang membaca tulisan ini dan aku pun, telah masuk ke dalam dunia yang sebenarnya, yang keras, penuh tantangan, strategi, dipenuhi oleh tugas dan tanggung jawab yang lebih berat, bahkan ada yang mengatakan kita masuk ke dunia yang jahat, dan tidak adil…hmmm, termasuk dunia perkuliahan bukannya yang tidak adil atau jahat, tapi ke tugas yang sangat banyak, yang sangat menguras tenaga, pikiran, dan apalah semacam itu…

Sehingga, dari kesemuanya itu, aku menjadi berefleksi sejenak di tengah segala kesibukkanku selama ini…hmmm,

“Di tengah kesibukkanku ini, pengen deh aku kembali kayak anak-anak. Disaat tiap hari minggu aku menonton film Digimon, atau di hari biasa aku memainkan action figurenya. Pengen deh aku bermain Beyblade bersama teman-teman…yaaa, masa itu, masa anak-anak…hmmm…”

Semangat teman-teman!!!

GBU

Salam Brillian!!!

2 thoughts on “Ingin Berhenti Sejenak…

  1. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://lowonganterbaik2011.blogspot.com/

Leave a Reply

