Burn Out!!!

 

 “Arrrghhh!!! Jenuh gw, bosen gw!!! Gila, nih tugas gak ada habisnya dah!!!”…

Seberapa sering kita mendengarkan omelan-omelan ataupun kicauan-kicauan serta status-status yang ada di berbagai jejaring sosial tentang halhal seperti di atas. Pekerjaan, tugas, ataupun hal lainnya yang bersifat tugas or in english we called an assignment adalah sesuatu yang, yaaa, bisa digeneralisasi sebagai hal yang tidak kita sukai…hmmm, lalu, bagaimana ketika hal itu menjadi suatu hal yang banyak, menumpuk dan sulit???…Burn Out!!!

Apa itu “Burn Out” ?

Seperti yang disadur dari Kompas.com edisi 9 Februari 2009, Burn-Out adalah mengalami kesedihan atau depresi, kebingungan dan kelelahan orientasi, mudah marah dan tersinggung, hilangnya kepedulian atau kelembutan serta sinisme yang berlebihan dan digeneralisasi dalam aspek hidup yang lain. Psikolog Irma S Martam dari Yayasan Pulih mengatakan, Burn-Out adalah sebuah gangguan psikologis yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti terus-menerus bekerja dalam situasi traumatik atau menyakitkan, menghadapi penyakit yang sangat rumit dan sulit diselesaikan, atau situasi kerja yang penuh tuntutan dan tekanan.

Jadi, apabila saya bisa menginterpretasikan, Burn Out (BO) merupakan kondisi saat kita bilang, “Ampuuunnn DJ…”, ehhh, salah, “Ampuuunnn dah. Tugas ini kok banyak banget sih!!!…stress gw!!!”

“Trus, gimana donk kita bisa tahu penyebab dari BO itu?”       

Nah, penyebab dari BO ini sendiri itu ada bermacam-macam. Sama seperti yang dikatakan oleh Psikolog Irma S Martam di dalam artikelnya, penyebab BO antara lain adalah seperti terus-menerus bekerja dalam situasi traumatik atau menyakitkan, menghadapi penyakit yang sangat rumit dan sulit diselesaikan, atau situasi kerja yang penuh tuntutan dan tekanan. Selain itu, ketika di dalam pekerjaan kita atau dalam penyelesaian tugas kita tidak mendapatkan penguatan yang cukup (dalam hal ini reinforcement), akan mendorong juga terjadinya BO.

Oke deh. Sejauh ini, ya setidaknya kita bisa dapat gambaranlah tentang Burn Out itu sendiri, trus, gimana supaya kita gak kena situasi seperti ini???

Refreshing atau melakukan hobi kita adalah salah satu cara untuk mengatasi titik maksimal kita ini. Hmmm, berbagi pengalaman, dulu, saya sempat, yaaa, rada errorlah. Ibarat komputer hampir berasap karena tugas kuliah yang menumpuk, permasalahan pribadi, hingga tuntutan tugas di luar kuliah dan urusan pribadi. Semua menjadi satu, dan ya memang, efeknya kemana-mana, kesehatan menurun, kinerja menurun, dan semua performansilah menurun. Hingga suatu ketika memang saya benar-benar mencapai titik maximal dan saya berinisiatif untuk tinggalkan semua pekerjaan dan hal-hal tersebut.

Refreshinglah

Yap, banyak cara yang dapat dilakukan, kawan, menonton, mendengar lagu, memancing, or, ya apapunlah…tugas dan tanggung jawab memang tidak bisa terhindarkan apalagi kita sebagai mahasiswa, tapi, at least, jangan sampe burn out itu menyebabkan kita pun menjadi error secara keseluruhan…orang surabaya bilang “eman, pek. Cuma karena semua ini kita jatuh sakit, and gak bisa ngapa-ngapaen.”

So, kawan, bagaimana dengan kalian? Untuk anak-anak WM sebentar lagi UAS, hmmm,,,titik-titik burn out mulai muncul nih…hehehe…

Good luck then…

Salam Brillian!!!

GBU

One thought on “Burn Out!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s