Pasiar Ka Manado – 1

Keindahan Indonesia bagaikan harta karun yang tersimpan dan mungkin di buru oleh semua orang. Begitu banyak “harta karun” yang terkandung di seseantero Nusantara termasuk di salah satu provinsinya di daerah Indonesia Timur, Sulawesi Utara. Ketika kita mendengar provinsi itu, langsung stereotipe kita mengarah pada Manado, kota yang menyukai pesta atau Bunaken yang terkenal dengan segala keindahan taman lautnya yang begitu indah.

Ya, memang, keindahan Taman Laut Bunaken telah tersebar ke seluruh dunia meskipun belum se-terkenal pulau dewata. Tapi ternyata, tidak hanya Bunaken saja yang menjadi “harta karun” di daerah yang memiliki moto “Torang samua basudara kong baku-baku sayang”. Masih banyak lagi keindahan-keindahan yang ada di Daratan Nyiur Melambai ini. Saya akan membahas satu per satu dan setidaknya memperkenalkan kepada kita semua tentang keindahan alam negeri kita sendiri dari hasil pengalaman sendiri maupun diambil dari berbagai sumber:

1. Watu Pinabetengan

Merupakan salah satu objek wisata berbentuk batu yang sangat penting dalam sejarah masyarakat Sulawesi Utara karena disinilah tempat para nenek moyang orang Sulut membagi daerah kekuasaan menurut sub etnis. Seperti dikutip di laman Kompas.com, tanggal 29 April 2009,

“Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, bentuk batu ini seperti orang bersujud kepada Tuhan. Selain itu, bentuk batu ini juga seperti peta pulau Minahasa. Menurut para arkeolog, dipakai oleh nenek moyang orang Minahasa untuk berunding. Namanya menjadi Watu Pinawetengan yang artinya Batu Tempat Pembagian. Di tempat inilah, sekitar 1000 SM terjadi pembagian sembilan sub etnis Minahasa yang meliputi suku Tontembuan, Tombulu, Tonsea, Tolowur, Tonsawang, Pasan, Ponosakan, Bantik dan Siao. Selain membagi wilayah, para tetua suku-suku tersebut juga menjadikan tempat ini untuk berunding mengenai semua masalah yang dihadapi.

Bongkahan batu besar alamiah ini ternyata juga menyimpan sisi magis religius. Tak jarang banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang untuk berziarah mengajukan permohonan melalui ritual-ritual tertentu yang dipercaya.”

Objek wisata ini terletak di Desa Pinabetengan, Kecamatan Tompaso di lereng Gunung Soputan, Kabupaten Minahasa. Dari kota Manado sendiri harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit sebelum sampai di tempat ini. Batu tersebut sekarang dimasukkan ke sebuah rumah panggung (rumah adat Sulawesi Utara) yang dikelilingi oleh pegunungan.

 

 

 

 

 

 

2. Waruga

Memang hal ini jarang diketahui oleh banyak orang, tapi, bagi warga Minahasa sendiri, waruga adalah suatu hal yang sangat penting. inilah tempat peristirahatan terakhir orang-orang zaman dahulu. Ya, waruga merupakan funeral­-nya orang Minahasa yang berbentuk batu megalit berukuran lebar 50 cm hingga satu meter, panjang 50 cm hingga satu meter, dan tinggi sekitar satu meter itu disebut waruga. Balok batu tersebut berongga, dan di dalam rongga itulah orang-orang kuno Minahasa dikubur dalam posisi jongkok. Sebagai penutup bagian atas, digunakan cungkup yang berukir atau berpahat keterangan atau profesi si mayat sebelum meninggal.

Cungkup berpahat atau berukir binatang menandakan mayat yang dikubur di dalam waruga itu semasa hidupnya adalah seorang pemburu.

Cungkup bermotif perempuan yang sedang melahirkan menandakan mayat yang dikubur di dalam waruga tersebut semasa hidupnya adalah seorang dukun beranak.

Cungkup yang bermotif beberapa orang sekaligus menandakan yang dikubur di dalam waruga itu adalah satu keluarga utuh, yang meninggal dan dikubur satu persatu. pula cungkup yang polos, tanpa ukiran dan pahatan apa pun.

Di Minahasa bagian utara, pada awalnya waruga-waruga yang ada tersebar yang akhirnya dikumpulkan pada satu tempat. Saat ini waruga yang tersebar tersebut dikumpulkan di Desa Sawangan, Kabupaten Minahasa Utara, yaitu sebuah desa yang terletak di antara Tondano (ibukota Kabupaten Minahasa) dengan Airmadidi (ibukota Kabupaten Minahasa Utara). Kini lokasi waruga-waruga di Desa Sawangan tersebut menjadi salah satu tujuan wisata sejarah di Sulawesi Utara (wikipedia.com)

3. Wakeke

Wakeke merupakan salah satu daerah kulinernya Manado. Terletak di pusat kota Manado, Wakeke merupakan nama jalan dan sepanjang jalan tersebut kita dapat mencicipi masakan khas Manado, tinutuan atau bubur Manado beserta “teman-temannya” seperti nike, tahu, sambal dabu-dabu bakasang dan dabu-dabu roa, serta berbagai macam jenis makanan dan minuman tradisional khas Sulawesi Utara. Untuk harga, pasti tiap tahun disesuaikan, jadi, saya tidak bisa bilang mahal atau tidak. Semuanya bergantung pada harga kebutuhan pokok karena memang, tinutuan merupakan salah satu jenis makanan pokok yang ada di Sulawesi Utara selain sagu dari kepulauan Sangihe Talaud.

Teringat masa-masa SMP karena memang jalan Wakeke dengan sekolah saya berdekatan, jadi, sepulang sekolah teman-teman dan saya biasanya mampir di warung-warung atau rumah makan disitu untuk sekedar menikmati pisang goreng. Mantap!!!

Itulah beberapa daerah “Harta Karun” yang ada di Sulawesi Utara dan mungkin kurang dikenal oleh khalayak ramai. Masih banyak “Harta Karun” lainnya yang tidak mungkin semuanya di bahas dalam artikel ini. Namun, pada intinya, ternyata tidak hanya luar negeri yang memiliki banyak keindahan alam. Negeri kita sendiri memiliki banyak keindahan alam bahkan turis-turis asing berbondong-bondong datang. Begitu antusias dengan keindahan alam kita. bahkan, sungai yang kotor cokelat amat sangat dibilang “wow, it’s exotic”…Gimana dengan kita? sudahkan kita perhatikan juga keindahan alam maupun berbagai warisan alam di daerah masing-masing???

Selamat Beraktivitas

Salam Brillian!!!

GBU

2 thoughts on “Pasiar Ka Manado – 1

  1. Numpang promo ya gan..:D

    LOWONGAN KERJA SAMPINGAN GAJI 3 JUTA /MINGGU

    Kerja Management dari program kerja online (Online Based Data Assignment Program / O.D.A.P) MEMBUTUHKAN 200 KARYAWAN diseluruh indonesia yang mau kerja sampingan online dengan potensi penghasilan 3 JUTA/MINGGU+GAJI POKOK 2 JUTA/BULAN, Tugasnya hanya ENTRY DATA, per entry @10rb, Misal hari ini ada kiriman 200 data dari O.D.A.P yang harus di ENTRY berarti kita dapat hari ini @10Rb x 200 = 2 JUTA. Lebih Jelasnya kirimkan Nama LENGKAP & EMAIL ANDA.

    Buka http://www.penasaran.net/?ref=cdizbb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s