Menulis dan Menulis

Berbagai hal kita alami dalam hidup ini. Hal-hal tersebut tentu saja akan membentuk suatu cerita yang mengalur dalam sejarah kita. entah hal itu berupa pengalaman, kisah, atau apapun yang kita maknai tentu saja secara subjektif. Berbagai cerita itu pun akan terangkai menjadi satu membentuk suatu frame utuh, besar, dan akan membentuk seperti film yang utuh. Yap, perjalanan hidup…hehehe…terlalu mendramatisir sih, tapi, semua orang mengalaminya…^^

Perkembangan teknologi yang kian maju juga membantu manusia untuk dapat kembali menjajaki berbagai pengalaman atau hal-hal yang telah lewat tadi, dan juga agar supaya cerita-cerita tak terlewatkan, dapat dibungkus ke dalam suatu cerita yang berbentuk cerita elektronik. Zaman dahuluu bahkan sekarang, kita mengenal dengan apa yang dinamakan diary atau buku harian. Pengalaman itu dituliskan ke dalam buku entah dengan berbagai tujuan.

Hal inilah yang mendorong saya untuk menulis di dalam blog, yang notabene adalah salah satu media yang dapat “menyimpan” berbagai cerita yang telah dilewati atau berbagai pengalaman yang telah dialami. Mungkin, ada yang akan bertanya, “Gak bosen nulis terus?”.

Oh, tentu saja tidak. Dunia penulisan bagaikan keluarga dekatku. Ia hadir sejak Sekolah Dasar Frater Don Bosco Manado menampungkan. Menulis semenjak itu tanpa tahu akan kualitas, saya hanya ingin menulis, menulis dan menulis. Dan kebetulan, hal ini juga diwadahi oleh salah satu mata pelajaran kami yaitu, Mengarang. Diasuh oleh seorang frater, ia mendorongku untuk tetap menulis, dan seingat saya, tulisan pertama yang saya buat adalah tentang “Australia, ketika perang melanda.” Saat itu, Irak diinvasi oleh negara Barat, dan ya, dengan padanan kata yang ringan, mungkin tidak berkualitas, tapi, dapat menjadi sarana untuk kembangkan ide.

Seiring waktu dan teknologi berjalan, saya dikenalkan kepada dunia Blog oleh Om saya, Intiong Freddy saat duduk di kelas 6 SD. Kala itu kami, Intiong Freddy, saudara saya Andrew, dan saya mengutakatik internet yang notabene baru di Indonesia, dan langsung diperkenalkan pada blog. Blogger.com adalah blog saya yang pertama. Disini, saya sangat senang menemukan tempat untuk menulis. Dan karya pertama itu adalah sebuah, yaaa, cerita sci-fiction tentang dunia anak-anak yang masuk ke dunia permainan atau games. Cerita ini terinspirasi oleh sebuah film yang berjudul “Jumanji”.^^ beberapa karya tulis juga sempat dimuat disitu, tapi, huhuhu,,,nasib oh nasib…emang gaptek apa ya, lupa password, dan lupa e-mail, dan akhirnya semuanya hilang. Plus, saya tidak membuat back-up-an untuk cerita sci-fic tersebut…arrrrgggghhh….

Yasudah, berlanjut ke SMP, ikut serta dalam pembuatan beberapa artikel di majalah D’Pax membuat saya semakin tertarik di dunia penulisan. Tapi, karena, ya, trauma atau apalah istilahnya, media internet untuk menulis tidak lagi saya gunakan. Jadi, hanya berbentuk softfile Microsoft Word saja…hehehe…

Sampai pada akhirnya zaman SMA dimana dari sekolah Saint John’s School sendiri pada pelajaran IT, salah satu tugasnya adalah membuat blog…waduuuh…yasudah. blog berikutnya diubah lagi nama dan passwordnya namun, masih sama menggunakan Blogger.com. beberapa artikel telah dipostingkan, dan mungkin bila di search masih bisa ditemukan beberapa artikel tersebut. Bergabung dengan majalah Outlook dan berpartisipasi aktif dalam pembuatan artikel di salah satu majalah rohani Manado, membuat dunia penulisan bagi saya makin menjadi salah satu bagian dari hidup…menulis, ya, menulis, hehehe…tetap aktif menulis artikel hingga sampai akhirnya lulus, dan sedih banget pas harus berpisah dengan semua crew Outlook tersebut meski sekarang masih tetap kontekan dengan mereka dan saling menukar artikel juga.T_T

Tapi, life must go on, right? Menempuh pendidikan psikologi di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dengan berbagai situasi dan kondisi yang sangat baru, tempat tinggal, bahasa, teman, makanan, pelajaran, lifestyle, dan berbagai hal yang semuanya baru membuat pengalaman demi pengalaman hadir…ya, saya pun berpikir:

Dalam bahasa Manado, “nya sayang, ngana pe pengalaman tre e bagitu banya kong cuma mo ta simpang sandiri?”

Dalam bahasa Jawa Surabaya, “Ora eman opo, pengalamanmu cek akehne ngono cuma koen simpen’no nang pikiran?”

Dalam bahasa Tangerang, “Emang lw gak sayang apa? Lw punya banyak pengalaman gitu, trus Cuma dipake ndiri???”

Yes, bener juga ya. Tapi, nulis ya? Waduh, sibuk…waduh, males, waduh…waduh…waduh…berbagai alasan muncul sebagai bentuk pertahanan diriku sampai aku ambil keputusan pada Desember 2010 lalu, ya, gak bisa. Ini semua harus dituliskan. Salah satu media sudah tersedia. Ini hobiku, ini bisa salurin ilmu, pengetahuan, bisa jadi tempat sharing, why not?

WordPress.com menjadi awal kebangkitan lagi aktif di dunia blog. Hingga suatu saat saya terpaku dalam pikiran saya, kata-kata big dosenku, MR. JWS, sustainability…hadooohhh…itu yang berat. Tapi, setidaknya itu jadi semangat internal buat saya untuk tetap menulis, untuk tetap berkarya.

Tujuan saya untuk menulis blog hanya ingin menulis. Ya menulis dan menulis. Tentu saja banyak halangan yang muncul, gak semangat, tidak ada topik, banyak kegiatan, atau banyaklah hal-hal yang seakan menghalangi untuk berproses terus. Hingga untuk berbicara tentang kualitasnya, penilaian para pembaca tentunya, dan masukan, kritik dan saran sangat terbuka buat saya. Tapi, 3 bulan tak terasa kata sustainability tetap menjadi penyemangat untuk tetap menulis dan menulis…^^harapannya adalah tetap pada ini semua…tetap seperti ini dalam arti tetap dalam semangat seperti ini…

Menulis dan menulis

Inilah pembelajaran yang dapat saya petik disini, hobi adalah kesenangan, ketika kita melakoni hobi kita, kita akan merasa senang, seperti menulis, ya, dia membuatku bahagia, dari zaman SD, hingga sekarang, dan hope so, until I left my live from this world…^^

Selamat beraktivitas rekan-rekan

Salam Brillian!!!

GBU

4 thoughts on “Menulis dan Menulis

      1. hmm,,,saya sangat berbahagia ketika kita bisa saling sharing…silahkan sharing link aksara hati ke saya, dan mari kita saling memberi tanggapan…^^..

        oh ya, punya account facebook?
        kalo punya, silahkan di add di :Andhika Alexander…

        Salam Brillian!!!
        GBU

Leave a Reply

