Sebuah Pembelajaran Bermakna dari Freedom Writer (Part 2)

Mengapa mereka berkelahi???

Pertanyaan yang bagus untuk mengawali pembahasan ini. Salah satu unsur yang ada di dalam Etika Sosial adalah Kearifan Lokal dan Modernisasi yang difokuskan pada multikulturalisme. (Acara Perkuliahan Mata Kuliah Etika Sosial, 21 Februari 2011). Mengacu pada hal tersebut, hal yang paling utama disini adalah menyangkut pluralitas atau keanekaragaman. Didalamnya pun ada unsur nilai dan identitas. Lihatlah pada film tersebut dimana pluralitas itu sangat tergambar dengan jelas dimana dalam suatu kelas terdiri dari berbagai macam suku bangsa, seperti American, Africa-American, Latina, dan Asian. Mereka berinteraksi satu sama lain namun perlu dipertanyakan tentang bagaimana kualitas interaksi mereka? Buruk. Hal ini ditunjukkan dengan bagaimana mereka bertengkar saat di dalam kelas membicarakan tentang perbedaan ras di antara mereka.

Kita masuk lebih dalam lagi dimana ras yang ada disitu akan membentuk gang-gang berdasarkan ras, dan di dalamnya terdapat nilai-nilai yang diacukan bersama. Dapat diasumsikan bahwa nilai-nilai inilah yang menjadi dasar mereka berperilaku dan karena nilai-nilai yang diakui inilah menjadi akar masalah mengapa mereka berkelahi antar geng tersebut. Nilai-nilai yang dianut bersama adalah berbeda satu sama lain. Dari film tersebut, (tentu saja harus dibahas dalam konteks yang objektif), salah satu nilai yang terkandung adalah bahwa keturunan African-American adalah berkedudukan rendah. Selain itu, nilai yang hadir adalah tentang perbedaan warna kulit adalah salah satu alasan terjadinya grouping dan strata. Orang berketurunan kulit hitam adalah mereka yang memiliki satu level lebih rendah daripada orang yang berkulit tidak hitam.

Selanjutnya apa dari kesemuanya itu??? Perkelahian antar geng…Ya, benar. Perkelahian antar geng yang bahkan menyebabkan kematian di antara anggota kelompok mereka merupakan manifestasi dari nilai-nilai serta model idealis terhadap gruping itu sendiri. Karena nilai-nilai yang mereka anut tersebut dan terbentur dengan nilai geng lain, maka pecahlah “perang” di antara mereka.

Kita pun akan coba mengkajinya dari segi budaya. Namun sebelumnya, mengacu pada etika sosial itu sendiri, dijelaskan bahwa budaya berasal dari kata kerja Colere yaitu perpaduan antara kata kerja dan kata benda. Mengenal budaya berarti mengenal struktru manusia yang menciptakan budaya tersebut. Dalam budaya mencakup tiga hal dasar dimana budaya mencakup segala perkembangan dan kemajuan masyarakat, hasil bersama dan humanisasi. Dan juga secara teori, fungsi dari budaya adalah membentuk perilaku dan cara pandang manusia itu sendiri. Tepat seperti yang digambarkan pada film tersebut bahwa budaya memang mempengaruhi cara mereka berperilaku dan cara pandang mereka. Budaya yang didalamnya tertanam nilai-nilai sama halnya dalam pluralitas di atas menggambarkan bahwa adanya perbedaan antar budaya disitu. Perkelahian yang terjadi lebih pada adanya perbedaan budaya dan tidak adanya penyesuaian antar satu budaya dengan budaya yang lain. Budaya disini dalam arti ras, tingkat sosial, dan cara hidup para siswa tersebut. (Acara Perkuliahan Mata Kuliah Etika Sosial, 28 Februari 2011)

Perkelahian dan berbagai konflik di atas membawa mereka hingga ke suatu titik kesadaran bahwa mereka tidak seharusnya begini. Mereka seharusnya lebih mementingkan pendidikan mereka ketimbang memikirkan permasalahan antar ras atau budaya mereka yang saling bertentangan. Terlihat dengan jelas pada akhirnya mereka bersatu dan tidak terjadi masalah lagi. Tentu saja, hal ini tidak terlepas dari peran yang sangat hebat yang dimainkan Ms. Gruwel kepada mereka. Kesadaran mereka akan persatuan tentu saja dipelajari dari “pelajaran kehidupan” yang diberikan Ms. Gruwel. Suara hati para murid itu pun sangat terlihat jelas dan memainkan andil yang penting dalam keputusan untuk mereka berubah ke arah persatuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s