Apa sih Unique Gift???…

Langit uda rada mendung, yaaa, karena emang juga uda malam sih…jam stengah lima…aku pergi ke Lobi Kaca yang merupakan salah satu gedung dari kampusku, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Ada seminar Pengembangan Karir atau seminar apa gitu, pokoknya tentang karir-karir gitulah…pas sebelum daftar, memang oleh dosen pengampuh suatu mata kuliah uda bilang ke kita, untuk angkatan kita (2009, red) tidak diwajibkan, dalam arti, ya terserah mau datang atau tidak. Tapi setidaknya, menurut dosen tersebut, tidak apa-apa untuk ikut karena bisa juga sebagai pemasukan bagi poin wajib. Awalnya aku gak terlalu memperhatikan pengumuman tersebut karena yaaa, sibuk (cielaaaa, so sibuk…) dengan tugas dan mempersiapkan alat tes (alat tes???udahhh, itu rahasia, kode etik…haha) namun, pas aku liat jadwal, tanggal 22 Februari free pas sorenya…yada deh, mau join, toh pikirku gak ada kegiatan apa-apa. Kuliah sih emang ampe jam 4 lebih 15 dan seminarnya jam 4…ya, namanya Indo, telat-telat dikit gak papa…(guys, di sini aku gak mau mengdeskritkan atau menggeneralisasi bahwa semua orang Indo suka telat loh ya…)

Yada, ikut deh tuh seminar, ehhh, gak taunya yang jadi pembicara Pak James…wahhh, asumsi saya sih menarik, tapi, jujur, capek banget hari itu, apalagi, hari itu saya mendapatkan event yang kurang menyenangkan, dapat nilai yang tidak terlalu menggembirakan plus ada kuis mendadak untuk mata kuliah X (uda kayak penelitian di kuanti aja dah…ckckck…).

Hmm, asumsi saya benar, menarik seminar yang di moderasi oleh beliau, dan saya mendapatkan informasi bahwa hidup is not like a wheel. Hidup gak kayak roda. Tapi kayak musim…behhh, baru lagi nih filosofi tentang hidup…awalnya kita kenal dengan filosofi roda, sekarang musim. Tau kan musim-musim??? Spring, summer, gugur dan salju…naaah, di singgung pula tentang Unique Gift…jujur ampe sekarang aku gak ngerti apa sih Unique Gift itu. Tapi, saya mendefiniskan bahwa hal itu merupakan hal yang ada di diri kita, yang istimewa, orang lain tidak punya, hanya kita…tapi…apa??? potensi???hmm…mungkin potensi kali…jadi apa potensi yang di dalam diri kita, yang benar-benar unik. Orang lain tidak punya, Cuma kita…ya, yang di stresskan di sini adalah, just ourself…kayak lagu Just The Way You Are (tentang tuh lagu kayaknya gak nyambung deh dengan topik yang kita bahas…)

Terdapat suatu contoh di sini, kita adalah bos di suatu perusahaan. Kita dihadapkan pada 2 karyawan yang akan kita pecat (pretend, masalah ekonomi membuat perusahaan terpaksa harus mengurangi jumlah karyawan), siapa yang akan kita pecat? A, orang yang gak terlalu pintar tapi pas keadaan panas, misalnya dalam rapat, ia dapat meng-cooling down keadaan, atau B, orang yang pintar…orang pintar banyak, tapi, orang yang bisa meredekan ketegangan jarang…pasti dari sini kita sudah tau kan siapa yang akan mendapat surat hitam?

Yaaa, karena kemampuan cooling down itulah, sih A dapat bertahan. Dan itulah contohnya dari unique gift…tapi aku tetap bingung…apa itu Unique Gift?

Selain itu, pada bicarain tentang ketidaksesuaian bidang yang kita pelajari di kuliah formal dengan apa yang dicapai atau menjadi apa kita nanti adalah hal yang biasa. Sebagai contoh, ada mahasiswa psikologi yang jelas-jelas, mahasiswa PSIKOLOGI, dia sukses karena memasak…wooow…percaya atau gak percaya, percaya saja, karena setidaknya itu dapat menjadi contoh bagi kita, jangan terlalu fokus ke kerjaan kita ketika kita jenuh dengan apa yang kita kerjakan karena itu buang waktu, tenaga dan materi…dan hasilnya tentu saja…nol…

Gak percaya? Contoh konkrit…kita pandai, kita bisa menghafal text book dari a sampai z ampe titik komanya. Tapi, begituuuuu terus apa yang kita lakukan. Apa gak jenuh??? Dari berbagai hasil wawancara gak resmi, dalam arti, chit-chat, dalam pengertian, cangkruk ama temen-temen kuliahan, kita memang sepakat belajar terus menerus membuat jenuh, dan sepintar apapun maupun serajin apapun kita, hasilnya ketika kita jenuh dan dipaksakan untuk belajar adalah…NOL…juga…gak percaya???haiiiaaa,,,itu ketidakpercayaan atau bentuk penyangkalan dalam diri kita sendiri???hehe…

Hmm, berkenaan dengan itu, ya, memang aku juga sering seperti itu sih, sebagai bahan refleksi, emang, dulu, saya hanya fokus ke IP, IP, IP…IPku tuh semester 1 pas baru masuk. Otomatis menurut teori reinforcementnya Skinner bilang, perilaku saya akan diperkuat oleh itu. Yap, mulai semester 2, percaya diri dan motivasi saya tinggi banget…behhh,,,mantafff…tapi, mulai…mulai…muncul pertanyaan. Abis kuliah, dapat IP tertinggi nih, terus, dapat kerja, terus dapat duit, terus, ya apa??? Gak ada yang bisa diingat donk di bangku kuliah selain “Wahhh, Papi dulu pas kuliah, IP tinggi terus…” atau “Ehh, gw dulu Ipnya paling tinggi” terus tiba-tiba ada yang tanya, “Trus, lw ikut kegiatan apa aja??? Tau gak sih, dulu gue ikut ini ikut itu, pas mau kerja,,,ckckck,,,gampang coooi…tinggal kontak teman yang dulunya satu kegiatan, tanya, ada kerjaan gak? Kalo ada kabarin yaaa…lue gimana?” silahkan teman-teman jawab sendiri, ataupun kita bayangkan bagaimana ekspresi kita ketika jawab pertanyaan itu, dan kita tidak seperti itu…”hmm, gak…gue cuma kos rumah kos rumah…”Haiiiaaa…malu uuuyyy….

Guys, disini aku gak ngomong aku gak concern lagi ke IP…jujur, standarku gak turun dalam artian, dapet nilai jelek (indikator nilai jelek adalah privacy ^^), tetep aja down…kayak tadi itu tuh, makanya aku sengaja tulis di awal artikel ini…tapi, mungkin ya, kita kembali ke dunia spiritual kita, mungkin ini jalan-jalan Tuhan. Ikut berbagai kegiatan, tetap concern ke tugas utama kita, yaitu, belajar, dan seminar tadi sebagai salah satu “pocari sweet” buatku…kok pocari? Maaf nyebut merk sebelumnya, tidak ada unsur promosi atau apapun tapi, pas aku cape, jenuh, letih, down, dan apalah, aku minum itu dan setidaknya kembali segar…itulah yang terjadi setelah seminar tadi…bukan berarti aku mood-moodan terus harus didongkrat oleh kata-kata mutiara motivasi…gak, bukan, tapi taraf jenuh adalah sesuatu yang normal dalam manusia…”emang kamu lagi jenuh apa sih?”

Menulis…blog…

yaaa…jenuh, tapi aku pun gak berani secara explisit bilang aku jenuh blog karena aku gak tau apa definisi saklek jenuh nge-blog…tapi, intinya, aku gak ada topik untuk di bahas di blog untuk saat ini dan seringkali denialku adalah…haduh, ada tugas kok…ada ini kok ada itu kok…biasanya kan tiap hari, ada aja topik yang dibahas…tapi kok sekarang gak???

Guys, coba kita perhatiin, kenapa kok kayaknya tulisan ini jadi gak nyambung? Secara satu per satu dan terpisah kalo kita membacanya memang tidak nyambung…karena memang dengan judulnya pun aku gak nyambung…apa itu Unique Gift? Aku gatau definisi secara sakleknya…tapi setidaknya yaaa, itu, aku bisa mendefinisikan secara personal, menulis adalah unique giftku…menulis adalah keunikanku…gaya bahasaku unik…why? sedikit menjual, bahwa, memang aku suka untuk membahas hal-hal yang berat…tapi, mengutip perkataan ibundaku (yang mungkin saat ini tengah terlelap,,,met tidur mam,,,^^), bahwa sesuaikanlah gaya penulisan dengan temamu dengan usiaku sekarang. Dalam arti, aku masih remaja (cieee,,,menurut Santrock uda gak coy…uda dewasa awal…), dan gaya penulisanku tentu saja remaja juga…tapi untuk gaya penulisan yang sesuai usia, dapatlah dipelajari…Guys, saya dengan pedenya bisa bilang, gaya tulisanku unik, although, mungkin, di luar sana ada yang gaya tulisannya kayak gini, tapi sejauh aku hidup, belum pernah aku melihat ada yang memiliki gaya tulisan dalam menulis seperti aku… (kalopun ada, aku gak pernah mau copy cat gayamu bro…karena honestly, i haven’t found them^^).

Itu unique gift yang aku definisikan sendiri tanpa konsep penuh dari apa yang aku dapatkan dari seminar tadi…tapi setidaknya, pas aku ditanya, apa unique giftmu??? Kandy bisa menjawab, Menulis dengan gaya seperti ini…gaya tulis seperti apa???

Silahkan kunjungi  www.andhikaalexander.wordpress.com

Lalu, teman-teman gimana??? Apa unique gift kalian???

Selamat berfleksi…Selamat beraktivitas

GBU

3 thoughts on “Apa sih Unique Gift???…

  1. Hahahaha tulisan ini benar2 menggelitik q untuk menulis lagi!
    nanti de,. sebenarnya ada yg mau ta tulis dari bulan jan tp kompie q rusak,. T_T
    *loh kok malah jadi sesi curhat? wkwkwk
    tulisan ini kaya versi ringkasan seminar td,. tp km masukan unsur kandy d akhir2 tulisan,.
    ^^
    hem setau q lo y unique gift itu the source.
    (tp sejujurnya q masi blom mendalami ttg itu)
    setau q itu hal yg unik berbeda dgn orang lain,. disini beda bukan kita adalah pemilik tunggal dan orang lain ga punya,.
    mungkin orang lain punya juga,. tp pemaknaan yg diberikan orang lain bisa jauh berbeda dan tidak akan menjadi drive apapun dalam hidupnya,.(malah bisa saja itu dianggap silly,.) kaya cerita jws,. memasak sebagai alasan untuk bangkit,. klo buatq yg cuman doyan makan itu jelas mental n ga bisa di jadiin source yg memotivasi q,.^^”

    1. menggeltik apanya ce???hehehe…tapi kan ya itu, refleksi…hehehe..tiap pglmn alangkah enaknya kalo kita refleksi n kita tuangkan ke dalam tulisan..emang c gak semua orang mau juga, tapi ya trgntg orang..hohohoho…aku tunggu loh yaa ce tulisan-tulisanmu ce…^^

      hmm ttg topik tersebut memang aku juga gak terlalu jelas ttg unique gift itu, tapi sedapatku yaa gitu ce..hehehe..ap yang kutulis dengan bahasaku maybe its my unique gift…km gmn ce??hehe..

      kalo uda jadi lagi nulis-nulisnya jangan lupa di share ya linknya..hehe

      1. haha sebenarnya ga harus dituliskan si,. tulisan kaya gini kan d buat biar pengalaman n pengetahuan kita bisa bermanfaat/ sekedar jadi penghibur orang yg mau baca,.^^

        y ada beberapa ide si,. ntar paling klo minggu pasti da ta post,.ntar pasti ta share
        hehe soalnya menulis bagiq nunggu mood yg tepat baru bisa ok,. kalau ga walo sudah ada bahan ttp kurang sreg nulisnya,.
        unique gift q y,. apa y… don’t know it clearly,. still search on it,.hehe yg pasti keliatannya bukan menulis soalnya ini cuman hobby iseng doang,.^^

Leave a Reply

