Valentine Day…^^

Valentine Day

14 Februari adalah tanggal yang ditunggu banyak orang…yaaa, banyak, entah itu ditunggu sebagai momen spesial, sampai pula ada yang nunggu tanggal itu untuk di larang untuk dirayakan (berita ini dapat kita liat di media cetak atau berbagai sumber lainnya…)

Valentine…ketika kita mendengar kata itu, langsung deh yang ada di pikiran kita adalah pinky, pinky dan pinky…jujur sih, pas denger kata itu, yang ada di pikiranku, langsung , kucing tenggelam (catburi), ratu perak (silver queen), ataupun cokelat lainnya (makanan terus…ckckkc…). banyak dan amat sangat bahkan momen spesial yang dipersiapkan oleh banyak pihak…dari yang sayang-sayang sama ortu, cari jodoh, rayain dengan pasangan, bahkan sampai yang pake hari ini untuk dijadikan lapangan bisnis…

Tapi, di sini, sebelum kita lebih lanjut membahas tentang sih om valentine dan coklat-coklatnya, aku pengen meng-sharingkan sebuah cerita…cerita ini disebarkan lewat salah satu media chatting yaitu, BlackBerry Messanger…

Ada seorang anak, sebut saja Takashimura (kita singkat jadi T karena kepanjangan…hehehe…) hidup bertahun-tahun dengan ibunya. Kini, ia telah menginjak dewasa, dan ibunya sudah sangat rentan dan tidak dapat berbuat apa-apa, hanya termenung dan T menggangap bahwa ibunya sudah menyusahkannya, bahkan sangat menyusahkannya…di suatu saat, ia mengajak ibunya ke hutan dan menggendongnya. Di sepanjang jalan ia tidak berkata apapun dengan ibunya. Namun, di sepanjang jalan ibunya yang sangat rentan itu mencoba menggapi ranting-ranting yang ada di pohon dan di jatuhkannya ke tanah…sesaat setelah sampai, T menurunkan ibunya di dalam hutan. Ia berkata…

“ibu, ibu tahu ini bukan seharusnya terjadi. Aku sangat minta maaf ibu. Aku sebenarnya tidak ingin melakukan ini…tapi…”

Tiba-tiba ibunya memotong pembicaraan anaknya tersebut…

“anakku, pulanglah. Ibu tidak apa-apa. Dari kamu masih di kandung, dan hingga kau lahir dan tumbuh dewasa, aku telah merawatmu. Kini, engkau harus melihat dunia, engkau harus menjadi orang yang besar. Ibu tidak apa-apa. Dari tadi di jalan, ibu mencoba untuk meraih batang-batang pohon dan membuangnya di jalan. Ikutilah arah dari batang-batang tersebut, dan kau tidak akan tersesat pulangnya…”

T langsung tersungku di hadapan ibunya sambil menangis terseduh-seduh. Ia langsung mengangkat ibunya dan membawanya pulang lalu merawatnya hingga ibunya meninggal di pelukan Takashimurah…

Kawan…cerita di atas bukanlah apa-apa dengan apa yang kita alami pribadi. Banyak kejadian yang kita alami bersama orang tua kita. berbagai pengalaman telah kita lalui bersama ibu kita masing-masing. Entah itu pengalaman buruk ataupun pengalaman yang menyenangkan. Tapi, tetap bagaimanapun ibu kita pasti tahu apa yang terbaik untuk kita. pada saat menulis ini, saya teringat dengan petikan lagu dengan judul “Kasih Ibu”…

Kasih ibu, kepada beta, tak terhingga sepanjang waktu…hanya memberi, tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia…

Yaa, banyak tanggapan dari kita untuk menilai isi lagu tersebut dan berbagai makna yang terkandung di dalamnya. Dan kesemuanya itu saya rumuskan dengan satu kata…CINTA…

Jika kawan-kawan bertanya kepadaku, apa itu cinta? Aku bisa menjawab secara subjektif, cinta adalah sesuatu yang gak bisa didefinisikan ataupun kebanyakan definisi. Tapi yang kutahu, cinta itu adalah sama halnya dengan apa yang ibu saya lakukan kepada saya…

Terus…daritadi tentang ibu, bagaimana dengan ayah? Secara objektif saya menilai, ayah berperan sangat penting di dalam kehidupan kita. kita tidak mungkin ada tanpa dirinya. Kita tidak munngkin terlahir tanpa dirinya, meskipun kita bisa bertumbuh berkembang, dan menjadi orang tanpa dirinya…

Hmm, begitu subjektif penilaian saya terhadap kedua sosok ini, tapi, kita mungkin seringkali memprotes keberadaan mereka. Tapi,kawan-kawan…tidakkah kita tahu?

Ayah  akan memarahi kita saat kita kebanyakan bermain dan tidak belajar, tapi sesungguhnya kita tidak tahu apakah ia dimarahi habis-habisan oleh bosnya di kantor?

Saat kita tumbuh menjadi remaja awal, ayah kita selalu mewanti-wanti kita, jaga pemikiran, perkataan, perbuatan dan tingkah laku kita…itu adalah hal yang membosankan karena, teman-teman kita mengikuti mode dan kita hanya terkungkung oleh konvensionalitas ayah, tapi tidakkah kita tahu, bahwa di ulang tahun kita ayah telah menyediakan baju terindah dan termodis untuk dipakai dan pada saat natal ayah telah menyiapkan hadiah sebuah laptop lengkap dengan internet agar kita tidak ketinggalan informasi???

Saat kita tumbuh menjadi remaja hingga dewasa awal, ayah melarang kita pulang malam, padahal kita ingin bertemu dengan seorang yang spesial, tapi tidakkah kita tahu bahwa ayah pernah babak belur dipukuli preman, hanya karena ingin mencari kita yang pulang malam akibat pesta?

Saat kita akan menuju ke pelaminan bersama dengan pasangan kita, tahukah kita bahwa, di hadapan kita ayah begitu bahagia, namun, sebelum pemberkatan, ia menuju belakang gereja untuk menangis…dan berkata “Ya Tuhan, tugasku sudah selesai, biarkanlah anak-anakku ini berbahagia untuk selamanya. Aku sudah siap engkau panggil…”

Memang, hal-hal di atas ada yang pernah dialami secara subjektif oleh penulis dan ada beberapa hasil sharing dengan teman-teman sekalian. Namun, inilah valentine menurutku…inilah saatnya kita berhenti sejenak dari hiruk pikuk kegiatan dan kesibukkan kita…berhenti sejenak dari segala kemeriahan perayaan valentine yang dipenuhi dengan bunga, coklat, kemewahan lainnya, untuk sekadar berdiam diri…melihat kembali ke dalam diri kita…apa sih valentine itu? Apakah aku telah memberikan valentine ke orang tuaku?

Kawan, apapun, y, apapun definisi valentine adalah bebas bagi kita semua untuk mengartikannya…tidak ada batasan apapun kita mau mendefinisikan apa disini…kita semua bebas memaknainya…tapi, tahun ini,,,valentine bagiku adalah mereka,,,ya mereka yang telah membesarkanku bahkan yang telah membentukku…hingga aku bisa menulis seperti ini, ini semua karena mereka. Terlalu emosional dan terlalu subjektif apabila seluruh emosi saya, saya letakkan di tulisan ini…

Tapi, setidaknya, bangun pagi tepat tanggal 14 februari 2011, saya membuka mata dan berkata,,,happy velentine to you my parents…thank you…^^

So, kawan, bagaimana dengan kalian??? Bagaimana valentine kalian tahun ini???

Cokelatnya ditunggu yaaa..hehehehe

Happy Valentine Day 2011…

GBU…

11 thoughts on “Valentine Day…^^

  1. Salam damai n sejahtera andhikaalexander, kami tertarik dengan posting anda. Bolehkah kami mengambil excerpt posting diatas ke “http://pbn.me/?url=https://andhikaalexander.wordpress.com/2011/02/15/valentine-day/&cat=love”? Credit dofollow link akan disertakan dengan anchor text “valentine day” yang mengarah ke posting anda, terima kasih, salam kenal, sukses selalu.

    1. Terima kasih buat Aurelia…^^ salam kenal juga..
      terima kasih sudah tertarik dengan postingan saya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua..heheh..
      btw, maksudnya excerpt posting apa ya?
      maaf, saya masih sangat hijau di dunia blog, jadi perlu banyak masukan, revisi, saran, atau apapun itu yang dapat berguna bagi perkembangan kita bersama…
      terima kasih…sukses selalu juga…

      GBU…keep reading…^^

  2. hahhaha…bro, yang tentang cinta td, kalau menurut saya memang sangat2 subjektif. nyatanya ada banyak yg berbicara tentang cinta seperti Kahlil Gibran, dan juga musik2 jaman sekarang selalu berbicara tentang cinta…tapi yah, pada kenyataannya yang kita alami berbeda dengan yang seharusnya…bagi saya, pribadi pun cinta itu ndak ada tp pengorbanan dari orang tua dan teman2 itu ada… lalu kenapa ada kata dengan huruf c-i-n-t-a ya? heheheh…

  3. Dengungkanlah kalimat – kalimat ini di dalam hatimu yang paling dalam sebagai realisasi dari arti CINTA yang sesungguhnya, tidak subjektif tetapi sangat objektif.Karena CINTA di sini adalah cinta untuk sebuah kehidupan yang seharusnya dimiliki oleh setiap insan manusia……………………………………………………………

    ….Seberapa pun panjang dan pendeknya sebuah kehidupan, itu adalah misteri alam yang maha kuasa. Sebagai manusia, kita tidak pernah tahu kapan waktu kita akan berakhir. Tetapi jika di setiap penggal waktu yang kita punya, kita punya dedikasi untuk melakukan yang terbaik serta mampu bertanggung jawab atas kehidupan kita sendiri, apalagi juga bermanfaat bagi orang lain, niscaya tiap tiap hari yang kita jalani adalah hari yang penuh gairah , gembira, optimis, produktif, dan dinamis!

    1. hehehe…all is well. that I have told to u yesterday kan mother???hehe…

      keep reading mom, tapi jangan lupa diperbaiki kalo cara berpikirku uda mulai menyimpang…^^

      still need ur advice until the time is end…^^

      Good luck for ur job mom…love u…GBU always…

    2. hehehe…banyak penilaian dan definisi tentang cinta…makanya, kita gak boleh nyalain orang kalo mereka mau berdefinisi ttg cinta…itu bukan suatu teori yang saklek yang perlu dibuktikan pake penelitian ilmiah..it’s all about they experienced it…

      hehe..btw, thank you uda konfirm di fb yaa…hehe..sukses buat kerjaannya ko..^^

      btw, pertanyaan terakhir apa ya?hehe

      1. Wah, kamu update trus y Kandy? hahahaha…that’s a good reflection bro…
        Pertanyaan yang mana bro yg kamu maksud? apa kenapa kok bs hadir kata Cinta itu ta?itu pertanyaan yg simpel dan terasa filsafat heheheh…

      2. hai ko..hehehe…cuma pengen nulis apa yang saya lihat, rasa, pikirn, n alami..hehehe…

        pertanyaan yang ttg valz day itu loh ko..hehe..ttg apa gt…aku juga gak ngerti..hehehe^^..ko2 punya blog gak??bagi dunk alamtnya..hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s