Kisah Klasik Desember di Manado

Natal adalah sesuatu yang istimewa bagi sekelompok orang tertentu dan tentu saja dalam hal ini adalah kaum Kristiani. Ya emang sih, tidak dapat digeneralisasikan bahwa Natal adalah untuk umat Kristiani. Mengapa? Kan itu kelahiran Tuhanmu? Tanya orang lain. ya emang tuh peringatan hari kelahiran Tuhan kita Yesus Kristus yang diperingati setiap tanggal 25 Desember. Tapi ada beberap kelompok orang yang tergolong umat juga yang tidak memperingatinya. Namun, daripada membahas apakah benar 25 Desember itu adalah hari kelahiran Yesus Kristus, melakukan debat ilmiah maupun kusir ataupun diskusi rohani, sebaiknya kita melihat apa yang ada di balik Natal itu sendiri.

Sangat menarik untuk diceritakan bahwa Natal merupakan suatu perayaan yang sangat indah bagi semua orang. Lewat momen Natal, banyajk hal yang terjadi yang setelah saya sadari hal ini sangat menarik untuk dijadikan sebuah tulisan.

Salah satunya adalah pada saat Natal, anak-anak, yaa sekitar usia 3 – 10 tahunanlah mereka tuh bergerombol pergi berdua dua kerumah rumah untuk mengucapkan selamat Natal bagi tetangga atau kenalan-kenalan mereka. Menarik ya?hehehe….tapi yang lebih menarik lagi, mereka juga meminta DoNat…Doi Natal. Hal ini menjadi suatu trend di Manado atau di Sulawesi Utara bagi anak-anak untuk pergi ke rumah-rumah tetangga atau saudara atau kenalan untuk mengucapkan selamat Natal sekaligus mengharapkan DoNat tersebut.Yaaa, penulis sih juga sempat merasakan sekitar 10 tahunan mencari DoNat pada saat Natal dan tahun baru. Lumayan, dapet uang jajan tambahan.

Hal ini kelihatan sepele, namun, coba kita lihat lebih dalam. Sangat menarik. Di perayaan Natal ini, ada sesuatu yang istimewa terjadi. Anak bersilahturahmi, dapat “berkat” berupa DoNat dan yaaa, apa ya…hal ini seakan menjadi budaya di kehidupan saat perayaan Natal dan tahun baru di Sulawesi Utara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s